GAYA HIDUP

Rabu, 07 November 2018 | 19:55 WIB

Asupan Air Mineral untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Mia Umi Kartikawati
Asupan Air Mineral untuk Ibu Hamil dan Menyusui
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Ibu hamil dan menyusui sangat membutuhkan asupan air mineral yang banyak. Penasaran, berapa jumlah yang harus dipenuhi?

Menurut ketua IHWG, Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG(K), MPH, sebuah studi dilakukan kepada Ibu hamil di tiga kota besar, yaitu Jakarta, Surabaya, dan yogyakarta. Ternyata, para Ibu hamil membutuhkan dua gelas lebih banyak dalam sehari dari porsi orang biasa.

"Sekitar 2,5 liter air mineral dibutuhkan Ibu hamil. Ini ternyata berkaitan dengan produksi air ketuban," papar Budi saat ditemui gedung IMERI FK UI, Jakarta, Rabu, (07/11/2018).

Masih menurutnya, produksi air ketuban akan melimpah dari urin yang dikeluarkan bayi dalam kandungan. Urin tersebut keluar jika bayi dalam kandungan mendapatkan nutrisi dan mineral yang cukup dari Ibu.

"Air ketuban yang cukup akan mempengaruhi keadaan kesehatan bayi di dalam kandungan," tambahnya.

Selanjutnya, berbeda dengan kebutuhan air mineral pada Ibu menyusui. Keadaan ini ternyata membuat Ibu lebih banyak membutuhkan air mineral untuk memproduksi Air Susu Ibu (ASI).

"Menurut hasil studi, Ibu menyusui ternyata membutuhkan 2,7 - 2,8 liter sehari. Ini agar produksi ASI lebih banyak," ujarnya.(tka)

#asupan #air #mineral #ibu #hamil #menyusui #kesehatan #b
BERITA TERKAIT
Deteksi Awal Kanker Rongga Mulut Sangat Penting
Cegah Bahaya Kanker Rongga Mulut
Cegah Diabetes dengan Pemberdayaan Masyarakat
Diabetes Jadi Ancaman Serius Kesehatan Global
Ini Persoalan yang Dirasakan Para Ibu Rumah Tangga
Tingkatkan Kualitas Hidup Lewat Kesehatan
Aktivitas Fisik Mudah Dilakukan Dimana Saja

ke atas