DUNIA

Kamis, 08 November 2018 | 10:05 WIB

Pemimpin Houthi Berjanji Tidak Akan Menyerah

Pemimpin Houthi Berjanji Tidak Akan Menyerah
Pasukan Houthi (Foto: bbc)

INILAHCOM, Jakarta--Pemimpin pemberontak Yaman berjanji tidak akan menyerah kepada pasukan pro-pemerintah yang didukung oleh Arab Saudi.

"Apakah musuh berpikir bahwa menembus daerah ini atau itu, atau merebut daerah ini atau itu, berarti kita harus menyerah?" Demikian seperti dikatakan oleh Abdulmalik al-Huthi dalam pidato yang disiarkan lewat televisi, Rabu (07/11/2018).

Militer Yaman mengatakan pasukan pemerintah telah maju lebih dekat ke jantung kota Hodeida, Rabu (07/11/2018), menimbulkan kekhawatiran atas keamanan warga sipil dan pengiriman bantuan kemanusiaan melalui kota pelabuhan itu.

Pemberontak Huthi, pasukan kesukuan dari Yaman utara yang terkait dengan Iran, mengakui serangan oleh koalisi pimpinan Saudi dan menuduh pasukan pro-pemerintah memprovokasi eskalasi kekerasan.

Hampir 200 pejuang tewas selama seminggu terakhir dalam pertempuran untuk memperebutkan Hodeida, yang direbut oleh pemberontak bersamaan dengan direbutnya ibu kota pada tahun 2014.

Kelompok-kelompok bantuan internasional minta jalur aman bagi warga sipil sementara bentrokan mendekati rumah-rumah sakit di kota itu. [voa/lat]

#Pemimpin #Houthi
BERITA TERKAIT
Pemimpin Khmer Merah Bersalah atas Genosida
Pemimpin Oposisi Bahrain Dipenjara Seumur Hidup
AS Dakwa Pendiri WikiLeaks Julian Assange
Kematian Khashogg, Salat Gaib Digelar di Mekah
Pengadilan Tunda Penangkapan Imelda Marcos
Perang Yaman, Bencana Kemanusiaan Terburuk
Jumat Ini Digelar Demo Besar di Gaza

ke atas