DUNIA

Kamis, 08 November 2018 | 11:01 WIB

Taliban Akan Hadiri Pertemuan di Moskow

Taliban Akan Hadiri Pertemuan di Moskow
Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid (Foto: voanews)

Taliban secara resmi memberi konfirmasi pihaknya akan hadir dalam pertemuan multilateral yang diselenggarakan Rusia guna membahas Afghanistan.

Tetapi juru bicara untuk kelompok pemberontak itu menegaskan delegasinya tidak akan melakukan pembicaraan perdamaian dan rekonsiliasi pada forum di Moskow itu.

Zabihullah Mujahid mengatakan, delegasi tingkat tinggi dari kantor Taliban di Qatar akan melakukan perjalanan ke ibukota Rusia untuk ikut dalam pertemuan Jumat (09/11/2018).

"Konferensi ini tidak terkait perundingan dengan pihak tertentu, tetapi ini merupakan konferensi tentang penyelenggaraan diskusi menyeluruh dalam mencari solusi damai atas kemelut Afghanistan dan mengahiri pendudukan Amerika," demikian ditegaskan oleh Mujahid.

Moskow telah mengundang 12 negara dan Taliban ke pertemuan itu. Amerika Serikat dan pemerintah Afghanistan telah menolak undangannya. Pakistan, Iran, China, Tajikistan, Uzbekistan, dan Turkmenistan adalah negara yang diundang.

Meskipun pemerintah Afghanistan tidak akan hadir, Dewan Perdamaian negara itu sudah mengumumkan pihaknya akan mengirim delegasi ke konferensi di Moskow itu. [voa/lat]

#taliban #moskow
BERITA TERKAIT
Sunat Perempuan, Klinik di Moskow Tuai Kecaman
(Akui Jerusalem Barat Ibukota Israel) Australia Tidak Pindahkan Kedubes dari Tel Aviv
7 Kuburan Massal Ditemukan di Bekas Wilayah ISIS
(Kasus Pelecehan Seksual) Mantan Pejabat Tinggi Vatikan Divonis Bersalah
Mantan Wapres AS: Jakarta Terancam Tenggelam
Penyerang Pasar Natal Strasbourg, Ditembak Mati
(MA Sri Lanka) Pembubaran Parlemen oleh Presiden Langgar UU

ke atas