GAYA HIDUP

Kamis, 08 November 2018 | 13:40 WIB

Sakit Lutut Jika Ditekuk

Sakit Lutut Jika Ditekuk
(Foto: Ilustrasi)

KADANG lutut kita apabila ditekuk atau dilipat, ada rasa kaku, sakit dan menjadi terganggu dengan gerakan terbatas. Biasanya ini terjadi karena tumbuhnya jaringan baru di luar anatomi pada bagian lekuk lutut.

Daerah lutut bagian belakang berupa lekuk atau lekuk lutut. Bentuknya belah ketupat mempunyai dua sudut. Sudut atas dibangun oleh tendo otot bisep paha belakang dan bagian bawah otot gastronemius.

Di dalam rongga sendi dari atas ke bawah ada saraf betis dan pembuluh darah yang menuju sudut bawah lekuk lutut dan memberi cabang-cabangnya. Yaitu untuk otot-otot belakang tulang kering. Di tempat ini pembuluh darah memberi dua cabang yang mensuplai darah untuk belakang tungkai bawah, serta satu lagi untuk depan tungkai bawah.

Gangguan tersebut yang sering dirasa oleh mereka yang badannya besar atau kegemukan atau orang tua apabila melipat kaki atau lututnya ditekuk terasa kaku dan sakit. Ini disebabkan ada penebalan lapisan lemak pada bawah kulit lekuk lutut dan mengeras yang dinamakan rifoma. Keadaan ini dapat menimbulkan rasa sakit apabila penderita melipat kakki.

Di daerah lutut depan terdapat tempurung lutut dan di kiri kanan pangkal tali tulang tempurung lutut terdapat lekuk berisi anyaman pembuluh darah yang berfungsi menyalurkan darah ke daerah lutut bagian depan.

Rifoma bisa dicegah diatasi dengan berlatih atau olahraga peregangan dan pemberian terapi massage yang berguna menjaga kelonggaran rongga sendi dan kelenturan sendi sehingga lutut bisa gerak secara lemas dan lentur.

#Suyadi #Rifoma #Lutut
BERITA TERKAIT
Waspada Terhadap Serangan Stroke
Investasi Pangan Hewani Atasi Masalah Stunting
Ini Adalah Penyebab Tingginya Stunting
Kemenpar Raih Transaksi Tinggi di Travex ATV 2019
Jawa Timur Promosikan 367 Event Sepanjang 2019
Atasi DBD dengan Pengobatan yang Tepat
Waspada Demam Berdarah Dengue

ke atas