GAYA HIDUP

Kamis, 08 November 2018 | 18:15 WIB

Teknologi Ubah Gaya Hidup Masyarakat

Mia Umi Kartikawati
Teknologi Ubah Gaya Hidup Masyarakat
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Perkembangan teknologi ternyata mengubah pola hidup di masyarakat.

Hal itu adalah tantangan yang dihadapi oleh Generasi O saat ini. Generasi O adalah orang yang terlalu banyak bekerja (overworked), banyak makan tidak sehat (overeating) dan hidup makin kewalahan (overwhelmed).

Populasi Generasi O semakin meningkat, seiring dengan gaya hidup masyarakat khususnya generasi muda. Berbicara tentang tantangan yang dihadapi Generasi O, Dwi Sutarjantono, Pengamat Gaya Hidup menjelaskan, teknologi telah mengubah pola hidup dan tantangan yang dihadapi generasi saat ini yang bahkan tidak ditemukan pada generasi sebelumnya.

"Mereka juga memiliki karakter yang senang dengan tantangan, bekerja cepat, serta ambisius. Namun di sisi lain semangat ini membawa mereka pada kondlsi kelelahan secara mental maupun fisik," ujar Dwi Sutarjantono, Jakarta, Kamis, (08/11/2018).

Belum lagi persaingan yang semakin keras, serta permasalahan identitas yang kerap dialami akibat berkembangnya media sosial. Dalam menghadapi berbagai tantangan yang dihadapi generasi ini cenderung memilih cara instan untuk menyelesaikan masalah.

Misalnya dengan bekerja hingga larut, mengonsumsi makanan cepat saji serta menyibukkan diri dengan gadget yang tanpa disadari pada akhirnya justru berakibat pada munculnya berbagai masalah baru utamanya di bidang kesehatan.

"Sejatinya pemahaman mereka akan pentingnya pola hidup sehat sudah cukup baik, namun sayangnya hal ini belum diimbangi dengan perbuatan dan komitmen yang nyata," tambahnya.(tka)

#teknologi #gayahidup #masyarakat #ubah
BERITA TERKAIT
(Dalam Lima Tahun) Inilah Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat
Tiga Warna Penting Revitalisasi Panti Disabilitas
Remaja Kurang Gizi Berisiko Putus Sekolah
Cegah Anemia pada Remaja Putri
Nikmat Ramen dengan Harga Kaki Lima
Manfaat Vaksin untuk Mencegah Penularan Penyakit
Fasilitas Pendukung Pariwisata Danau Toba Dibangun

kembali ke atas