NASIONAL

Kamis, 08 November 2018 | 18:48 WIB

Anies Apresiasi Gelar Pahlawan untuk Kakeknya

Ahmad Farhan Faris
Anies Apresiasi Gelar Pahlawan untuk Kakeknya
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur DKI Anies Baswedan mengapresiasi pemerintah yang telah memberikan penganugerahan gelar pahlawan nasional kepada kakeknya almarhum Abdurrahman Baswedan melalui Keputusan Presiden (Keppres) Joko Widodo.

"Jadi kami menyampaikan apresiasi bahwa proses yang dimulai 2010 diusulkan oleh pertama dari Jogja Provinsi DIY," kata Anies di Kompleks Kepresidenan, Kamis (8/11/2018).

Memang, kata Anies, kakek menghabiskan waktu hingga akhir hayatnya di Jogja. Kebetulan Anies tinggal serumah dengan kakeknya sejak masih bayi sampai SMA.

"Rumah kita bersama, jadi kenangan saya itu mulai dari kecil. Kalau saya pulang pas TK itu biasa dijemput," ujarnya.

Menurut dia, almarhum setiap hari menulis surat karena merupakan seorang wartawan. Bahkan, seumur hidup sampai akhir hayatnya menulis surat tiap hari dan menulis kolom rutin.

"Dan saya waktu itu bagian mengantarkan ke kantor pos. Ketika SD saya bagian mengetik kalau beliau mendiktekan," jelasnya.

Kemudian, Anies menceritakan pengalaman yang unik tentang kakeknya. Menurut dia, setiap kali beliau mengetikkan surat selalu di ujung suratnya dituliskan bahwa surat tersebut diketik oleh cucunya yaitu Anies.

"Saya bangga sekali. Kemudian hari saya baru tahu, bahwa itu cara memberitahu penerima kalau salah-salah ketik yang bikin adalah cucunya. Itu diplomasi yang halus. Membuat yang satu sisi senang, sisi lain tahu," tandasnya.[jat]

#AniesBaswedan
BERITA TERKAIT
Anies Akan Pantau Langsung Pemilu Di Jakarta
Anies Angkat Tiga Jari Usai Nyoblos
Gubernur Anies 'Nyoblos' di TPS 60 Cilandak Barat
Anies Terharu Lihat Penghargaan Tahfidz Quran SD
119 KPPS Meninggal, Sandi Gelar Shalat Gaib
BPN Sebut Petugas KPPS Pahlawan Demokrasi
Temui Prabowo, Gatot Bahas Perkembangan Pemilu

kembali ke atas