HIBURAN

Jumat, 09 November 2018 | 00:05 WIB

Mengenang Sejarah Lewat Pagelaran Genta Sriwijaya

Aris Danu
Mengenang Sejarah Lewat Pagelaran Genta Sriwijaya
(Foto: Inilahcom)

INILAH.COM, Jakarta-Pagelaran teater bermuatan sejarah Genta Sriwijaya akan digelar di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Selatan pada 20 November 2018. Teater ini mengisahkan sejarah kebesaran Indonesia di masa lampau, utamanya kerajaan Sriwijaya.

"Meskipun menceritakan tentang sejarah, pagelaran ini dikemas secara modern," kata sutradara pertunjukan, Kenthus Baratha saat jumpa pers Genta Sriwijaya, di kawasan SCBD Jakarta, Kamis (8/11/2018).

Denny Malik selaku Creative & Show Director pertunjukan menambahkan, pementasan ini kental dengan unsur budaya Indonesia yang dikemas secara modern dan kolosal.

"Jadi ini bisa dibilang sebuah pertunjukan sejarah dari budaya Indonesia. Kita ingin buat suatu yang kolosal, memang sifatnya dilakukan di gedung teater," kata Denny Malik.

Melalui pementasan ini, Denny ingin menunjukkan jika Indonesia juga memiliki budaya yang menjadi identitas bangsa dan tidak kalah dengan budaya luar.

"Buat saya ini original, enggak ikut budaya luar, kita punya budaya kita tapi kita buatnya modern, kekinian dengan era sekarang. Bagaimana tradisi ini supaya tidak ketinggalan zaman," terang Denny.

Sentuhan modern dalam pagelaran ini menurut Denny tidak akan melenceng jauh dari pakemnya. Ia berusaha menjaga orisinalitas setiap tarian yang ditampilkan.

"Tentunya dari tariannya kita juga harus mengeksplor, tidak merusak pakemnya tapi kita modifikasi, membuat suatu yang lebih menarik. Walaupun ceritanya masa lalu tapi kita tampilkan enak untuk ditonton," papar Denny.

Menariknya, pagelaran ini melibatkan berbagai pihak seperti selebritas, politikus dan juga atlet seperti Andrea Miranda, Daniel Christianto, Ruth Sahanaya, Ivy Batuta, Inaya Wahid, Yenny Wahid, Bambang Pamungkas, Cathy Sharon, Ncess Nabati, Sogi Indra Dhuaja, dan Deasy Novianty. Nantinya, pagelaran ini akan menghadirkan 200 penampil.

"Ini tantangan buat saya karena mereka bukan profesional. Ini banyak ibu-ibu muda, mayoritas orang yang pecinta seni budaya, yang, mereka ini tampil untuk melestarikan seni budaya. Ini saya mengarahkan mereka tampil layaknya profesional," demikian Denny Malik. [adc]

#PagelaranGentaSriwijaya #PementasanTeater
BERITA TERKAIT
Mobil Listrik Vadi Akbar Tampil di HUT 73 Marinir
Titi DJ Akan Bertranformasi, Ini Bocorannya!
Begini Pengalaman Reza Rahadian Jadi Dosen di UI
Prilly Ungkap Kebahagiaan Bersama Maxime Bouttier
Bahagianya Sule Dapat Kejutan Saat Ulang Tahun
Morgan Oey Siap Kembali Bermusik
Tyo Pakusadewo Perankan Bung Karno di Cina

ke atas