BOLA

Jumat, 09 November 2018 | 11:03 WIB
(Grup B Piala AFF 2018)

Head-to-Head Singapura vs Indonesia

Arif Budiwinarto
Head-to-Head Singapura vs Indonesia
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Singapura untuk kedelapan kalinya di Piala AFF malam nanti. Skuad Garuda bakal berusaha memperbaiki catatan head-to-head jumpa Singapura.

Indonesia akan memulai langkah di Grup B Piala AFF 2018 dengan menjalani laga away ke Singapura. Pertandingan ini akan berlangsung di National Stadium, Kallang, Singapura, Jumat (9/11/2018) malam WIB.

Meskipun Singapura tidak difavoritkan di gelaran Piala AFF tahun ini, tetapi Indonesia patut waspada. Sejauh ini, kedua negara sudah tujuh kali bertemu sejak turnamen ini masih bernama Piala Tiger.

Dari tujuh kaili bertandinga melawan Singapura, Indonesia menelan empat kekalahan, sekali imbang dan baru dua kali menang.

Kekalahan pertama Indonesia dari Singapura terjadi di ajang Piala Tiger 1998. Saat itu, Indonesia yang lolos sebagai runner-up Grup A kalah di semifinal dari Singapura yang berstatus juara Grup B. Dalam pertandingan yang berlangsung di Thong Nhat Stadium, Vietnam, Indonesia takluk 1-2 dari Singapura.

Di Piala Tiger 2004, Indonesia kembali jumpa Singapura, kali ini di babak final. Di leg pertama yang berlangsung di Gelora Bung Karno, Indonesia menyerah 1-3. Sedangkan di leg kedua, tim Merah Putih takluk 2-1. Indonesia harus puas jadi runner-up karena kalah agregat 2-5.

Empat tahun berselang, Indonesia kembali jumpa Singapura di Piala AFF 2008, saat itu Indonesia lagi-lagi takluk dari Singapura 0-2 berkat dua gol dari Baihakki Kaizan dan Shi Jiayi.

Sedangkan dua kemenangan Indonesia atas Singapura baru bisa diraih saat turnamen Piala Tiger berubah menjadi Piala AFF. Di tahun 2012, Indonesia bertemu Singapura di fase grup.

Dalam pertandingan yang berjalan sengit, Indonesia mencetak gol semata wayang kemenangan dari sepakan bebas Andik Vermansyah di menit ke-88.

Empat tahun berselang, Indonesia dan Singapura jumpa di fase grup AFF 2016. Sempat tertinggal 1-0 di babak pertama karena gol Khairul Amri. Indonesia mampu comeback berkat gol Andik dan Stefano Lilipaly, skor 1-2 untuk kemenangan Indonesia menutup laga.

Bisakah Indonesia memperbaiki catatan melawan Singapura di laga perdana Piala AFF 2018? Menarik untuk disaksikan malam nanti.

#PialaAFF2018 #Indonesia #Singapura
BERITA TERKAIT
(Piala AFF 2018) Adisak Ingin Thailand Jumpa Indonesia di Final
Skuad Timnas Indonesia Diliburkan Sehari
(Grup B Piala AFF 2018) Thailand Beruntung Bisa Comeback Lawan Indonesia
(Grup B Piala AFF 2018) Ini Syarat Indonesia Bisa Lolos ke Semifinal
(Grup B Piala AFF 2018: Thailand 4-1 Indonesia) Bima Sakti Ungkap Alasan Tak Mainkan Andritany
(Grup B Piala AFF 2018) Apa Penyebab Kekalahan Indonesia dari Thailand?
(Grup B Piala AFF 2018) Indonesia Takluk 2-4 dari Thailand

ke atas