PASAR MODAL

Jumat, 09 November 2018 | 13:30 WIB

BEI: Potensi Investor Saham Capai 6 Juta

Mohammad Fadil Djailani
BEI: Potensi Investor Saham Capai 6 Juta
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Jumlah investor efek bersifat ekuitas atau saham saat ini sebanyak 820.000 SID (Single Investor Identification).

Jumlah tersebut dunilai masih sedikit ketimbang potensi yang dapat menjadi investor, yakni sebanyak 6 juta orang.

Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI), Hasan Fawzi menyampaikan, potensi masyarakat untuk menjadi investor sebanyak 6 juta orang. Hal itu berdasarkan kajian BEI dan lembaga survey Nielsen pada akhir tahun 2017.

"Data itu berdasarkan respon yang memiliki pendapatan diatas Rp5 juta perbulan di sepuluh kota besar Indonesia," kata Hasan saat ditemui di Gedung BEI Jakarta, Jumat (9/11/2018).

Ia menjelaskan, jumlah tersebut dapat bertambah karena survey dilakukan pada akhir tahun. Sehingga pada tahun ini diperkirakan dapat meningkat karena adanya kenaikan Upah Minimum Provinsi dan promosi jabatan.

"Data itu tahun 2017, bisa saja meningkat, sebab survey tahun 2015 hanya terdapat 2,5 juta penduduk di sepuluh kota itu yang berpendapatan Rp5 juta perbulan," kata dia.

Sedangkan kelompok kedua, dengan penghasilan lebih dari Rp10 juta sebanyak 1,2 juta. Angka itu naik dari tahun 2015 sebanyak 800 ribu orang.

Kelompok kedua lebih potensial lagi, taruh separuhnya sudah jadi investor masih ada 50% lagi yang belum jadi investor, ujar dia.

Masih berdasarkan survey tersebut, 41% responden merupakan karyawan, pengusaha 24%, mahasiswa dan pensiunan sebanyak 29% dan sisanya lain-lain.

Melihat data tersebut, menurut Hasan, pihaknya akan menyasar kelompok profesi karyawan. Lebih tepatnya, menyasar karyawan emiten. Hal itu untuk menopang target pertumbuhan jumlah investor sebesar 25% per tahun.

"Saat ini sudah ada 30 emiten yang ikut program Yuk Nabung Saham, tapi kami harap semua emiten akan ikut," kata dia. [jin]

#BEI #InvestorSaham
BERITA TERKAIT
IHSG Perkasa di Atas Level Psikologis 6.000
(Rehat Siang) IHSG 41 Poin di Atas Level Psikologis 6.000
Inilah Alasan Racik Ulang Indeks BEI
(Pehitungan Indeks Berdasarkan Saham Beredar) Ketergantungan pada Saham Kakap Bakal Tinggi
Menit Pertama, IHSG Tergerus 26 Poin di 5.751
IHSG Berakhir Nyungsep 1,7% di Posisi 5.777
(Pembobotan Ditambah) BEI Bakal Umumkan Indeks Saham LQ45 Lebih Cepat

ke atas