GAYA HIDUP

Jumat, 09 November 2018 | 18:10 WIB

Jangan Tinggalkan, Pentingnya Nutrisi pada Ikan

Mia Umi Kartikawati
Jangan Tinggalkan, Pentingnya Nutrisi pada Ikan
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Ikan menjadi salah satu sumber utama nutrisi yang baik untuk tubuh. Ini sangat baik untuk asupan makanan harian anak sejak dini.

Menurut Prof. DR. Ir. Ali Khomsan, M.Si, ahli nutrisi, menjelaskan pentingya nutrisi pada ikan, karena anak sangat membutuhkan Omega 3 dan Omega 6 yang bersumber dari ikan.

Anak dengan kebutuhan nutrisi cukup tentunya akan lebih produktif dan pintar. Nutrisi protein, Omega 3 dan Omega 6 yang terkandung dalam ikan terutama banyak ditemukan pada ikan sarden, merupakan komponen nutrisi yang penting untuk mendukung performa dan kebaikan otak," papar Ali Khomsan, saat ditemui di Jakarta, Jumat, (09/11/2018).

Masih menurutnya, sudah banyak studi yang membuktikan korelasi konsumsi ikan dengan kepintaran, karena ikan merupakan makanan sarat akan nutrisi baik untuk otak dan terbukti konsumsi ikan dapat membuat anak pintar.

Dia juga menjelaskan, perbedaan kandungan gizi ikan laut dan ikan tawar sekitar 18 - 20 persen. Sementara untuk omega 3, ikan laut seperti sarden mengandung sekitar 1000 mg sedangkan ikan tawar seperi ikan emas hanya sekitar 200 mg.

"Otak itu center kita untuk berpikir. Nutrisi yang penting bagi kecerdasan otak adalah asam lemak omega 3. Nah salah satu sumber terbaik dari omega 3 adalah ikan," tambahnya.(tka)

#jangan #tinggalkan #penting #nutrisi #ikan
BERITA TERKAIT
Ini Penularan Hepatitis dari Ibu ke Anak
Penting, Beri Edukasi Perempuan Tentang Keuangan
Psikolog:Penting Dukung Bakat si Kecil
(Sambut Hari Anak Nasional) Penting Dukung Generasi Maju Kembangkan Diri
Tiga Warna Penting Revitalisasi Panti Disabilitas
Tantangan Pemenuhan Nutrisi pada Anak
Kanker pada Anak Kerap jadi Masalah Malnutrisi

kembali ke atas