DUNIA

Selasa, 13 November 2018 | 09:02 WIB

IAEA: Iran Masih Patuhi Perjanjian Nuklir

IAEA: Iran Masih Patuhi Perjanjian Nuklir
Direktur Jenderal Badan Energi Atom Internasional (IAEA), Yukiya Amano (Foto: un.org)

INILAHCOM, Jenewa--Badan pengawas atom PBB mengatakan Iran tetap mematuhi perjanjian nuklir 2015, bahkan ketika sanksi baru AS meningkatkan kekhawatiran tentang apakah kesepakatan itu dapat bertahan.

Penilaian itu diterbitkan hari Senin (12/11/2018) dalam laporan triwulanan oleh Badan Energi Atom Internasional atau IAEA. Demikian VOA melaporkan, Selasa (13/11/2018).

Pekan lalu, AS memberlakukan sanksi terhadap Iran yang sebelumnya telah dicabut sebagai bagian dari kesepakatan nuklir antara Iran dan enam negara kuat dunia.

Sanksi itu memberlakukan kembali larangan pembelian minyak Iran, yang merupakan bagian utama dari perekonomian negara itu.

Presiden AS Donald Trump sebelumnya secara sepihak menarik diri dari perjanjian nuklir itu, dengan alasan perjanjian itu tidak memberlakukan standar yang cukup ketat pada Iran.

Negara-negara Eropa menentang keputusan Trump tersebut dan berusaha menyelamatkan kesepakatan itu, tetapi upaya itu akan menjadi lebih rumit, selagi sanksi Amerika diberlakukan. [voa/lat]

#iran #nuklir
BERITA TERKAIT
Trump Sesumbar Iran Bisa Musnah Perang Lawan AS
Trump Peringatkan Iran: AS Siap Menyerang
Trump Dilaporkan Setuju Pembalasan Militer ke Iran
AS-Iran Semakin Dekat ke Perang
Tegang AS-Iran, Pesawat Hindari Selat Hormuz
Iran Tembak Jatuh Pesawat Nirawak AS
Tegang dengan Iran, Serdadu AS Ditambah ke Timteng

kembali ke atas