GAYA HIDUP

Selasa, 13 November 2018 | 21:15 WIB

Jangan Acuh Jika Berat Badan Anak Tak Berkembang

Mia Umi Kartikawati
Jangan Acuh Jika Berat Badan Anak Tak Berkembang
(Foto: GettyImages)

INILAHCOM, Jakarta - Orangtua harus memperhatikan perkembangan anak secara berkala. Terutama untuk perkembangan berat badan. Mengapa?

Karena, salah satu gejala dari gangguan ginjal pada anak adalah ketika berat badan anak tidak sesuai dengan kurva anak sehat.

"Gejala seminimal apapun itu harus kita atasi. Anak yang perkembangan berat badannya tidak sesuai dengan kurva anak sehat ini harus diperhatikan," papar dr. Eka Laksmi Hidayati, Sp.A(K), divisi nefrologi Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia RSUPN Cipto Mangunkusumo, saat ditemui di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Selasa, (13/11/2018).

Deteksi dini gangguan ginjal pada tingkat pertama mungkin sulit. Tetapi para orangtua bisa memantau dari timbuh kembang anaknya.

"Sehingga bisa melihat perkembangan dan melihat kelainan yang ada. ini bisa menjadi salah satu cara untuk penanganan yang lebih cepat dalam mengatasi gagal ginjal pada anak," tambahnya.

Gangguan ginjal pada anak gejala lainnya adalah anak mengalami anemia atau tampak pucat. Kemudian terdapat kelainan pada tulang.

"Selanjutnya kerap mengalami sesak nafas dan demam berulang," katanya.(tka)

#jangan #acuh #berat #badan #anak #tak #berkembang #keseh
BERITA TERKAIT
Penyebab Diare pada Bayi dan Anak
Ken Rio, Anak Muda Ambil Peran di Dunia Fesyen
Ini Cara Tingkatkan Literasi pada Anak
PI Manjakan Pecinta Travel Hingga Anak Muda
(Gaya Hidup Sehat) Olahraga Ditemani Musik yang Nyaman di Telinga
Inovasi Baru, Tupperware Raih Penghargaan
Diskon Belanja Online, Popok Bayi Paling Dicari

kembali ke atas