OLAHRAGA

Senin, 19 November 2018 | 12:10 WIB

Crash di Valencia Kesalahan Terbesar Marquez

Arif Budiwinarto
Crash di Valencia Kesalahan Terbesar Marquez
(Foto: crash)

INILAHCOM, Valencia - Marc Marquez gagal finish di MotoGP Valencia akibat crash. Ia membuat kesalahan terburuk musim ini dalam keputusan memilih ban.

Balapan di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (18/11/2018) malam WIB, diwarnai insiden tergelincirnya sejumlah pebalap saat memasuki lap ke-14. Saat itu, hujan deras membuat lintasan basah.

Marquez memilih menggunakan ban depan dan belakang medium, padahal 23 pebalaop lainnya yang ada di lintasan menggunakan ban belakang soft. Sebenarnya, tim Honda sudah memberi pemahaman kepada rider 25 tahun, namun ia bersikeras pada pilihannya.

Hasilnya, Marquez malah mengalami crash setelah ban belakang motornya kehilangan grip saat menikung. Ia pun terpaksa menyudahi balapan lebih awal.

Marquez menyesali keputusannya itu serta tidak menggubris saran dari dua mekaniknya.

"Hari ii mungkin kesalahan terbesar saya musim ini, karena saya memilih ban medium di belakang. Santi dan Alberto mengatakan kepada saya 'jika hujan turun, kami akan baik-baik saja jika memakai ban soft," ujar Marquez.

Pebalap asal ... menjelaskan keputusannya menggunakan ban medium didasarkan atas pengalamannya di sesi latihan bebas ketiga. Namun, ia salah membuat perhitungan karena saat balapan trek digenangi air.

"Masalahnya di FP3 memakai ban medium, saya berkendar dengan sangat baik di mana ketika itu ketika itu tak banyak air di atas lintasan. Dan saat kami keluar dari garasi hari ini, kondisinya tidak banyak air, lalu hujan mulai berhenti saat prosedur masuk grid di bagian akhir."

"Lalu, saya katakan 'pakai ban medium'. Mereka memasang ban medium. Tapi saat balapan dimulai hujan sangat deras, dan itu sangat sulit karena seiring berjalannya waktu suhu ban belakang terus menurun. Dan saya mengalami crash," ia memungkasi.

Hasil di MotoGP Valencia tak mempengaruhi status juara dunia 2018 milik Marc Marquez. Ia menutup musim ini dengan mengemas 321 poin unggul 76 poin dari Andrea Dovizioso di peringkat dua.

Sumber: Crash

#MotoGPValencia #Marquez
BERITA TERKAIT
Kevin Durant Sabet MVP NBA All-Star
(NBA All-Star) Tim LeBron Tundukkan Tim Giannis
CLS Knights Menang Lewat Overtime
Tanago Friesian Menangi Derbi Jakarta
Merpati Bali Sapu Bersih Kemenangan di Seri Kedua
Sahabat Semarang Tutup Seri Dua dengan Kemenangan
CLS Knights Ditundukkan Westports Malaysia Dragons

ke atas