NASIONAL

Kamis, 29 November 2018 | 16:14 WIB

Polisi Tangkap 2 Penjual Cula Badak di Lampung

Muhammad Yusuf Agam
Polisi Tangkap 2 Penjual Cula Badak di Lampung
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Dua penjual cula badak, DMS (48) dan AK (55), ditangkap tim gabungan Polda Lampung dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Dari tangan kedua tersangka, disita satu cula badak yang hendak dijual.

"Memperniagakan anggota tubuh satwa yang dilindungi dalam keadaan mati berupa diduga 1 potong bagian tubuh diduga cula badak," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada wartawan di Mabes Polr, Jakarta, Kamis (29/11/2018).

Dedi menjelaskan cula badak dengan diameter 28 cm dan berat sekitar 200 gram itu ditemukan saat polisi melakukan penggeledahan di lokasi penangkapan di Hotel Sempana Lima Pesisir Barat Lampung. Penangkapan dilakukan pada Senin (26/11). Sejumlah barang bukti pun diamankan.

"Barang bukti yang diamankan antara lain satu potong bagian tubuh satwa yang dilindungi diduga cula badak dengan diameter 28 cm dan berat kurang lebih 200 gram," ujar Dedi.

Saat ini polisi tengah memburu seorang lagi berinisial M. M merupakan pemilik cula badak tersebut.

"Masih di dalami (hendak dijual kemana), karena baru pertama kali menemukan cula badak yang sudah lama informasinya," jelas Dedi.

Kedua tersangka dijerat dengan pasal 40 ayat (2) Jo pasal 21 ayat (2) huruf d UU RI Nomor 5 tahun 1990 tentang konservasi sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya. Dengan ancaman pidana penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak Rp 100.000.000. [rok]

#SatwaLangka
BERITA TERKAIT
Sandi Siap Berhadapan Dengan Ma'ruf
BPN Sebut Wesley Clark Sahabat Prabowo
Wesley Clark Pernah Jadi Timses Obama
Sindir Luhut, BPN: Jangan Asal Kerja
(Komitmen Prabowo-Sandi Untuk Papua) Pemekaran 5 Provinsi & Otonomi Khusus Permanen
Berkarya Anggap Baliho Caleg Tak Efektif di Jatim
Sandiaga Disambut Spanduk Jokowi-Amin di Bali

ke atas