DUNIA

Selasa, 04 Desember 2018 | 13:21 WIB

Ini Negara Paling Rentan Bencana Alam

Ini Negara Paling Rentan Bencana Alam
(Foto: GettyImages)

INILAHCOM, Jakarta--Hasil penelitian terbaru menunjukkan sembilan dari 15 negara yang paling berisiko mengalami bencana alam, termasuk bencana alam karena perubahan iklim, merupakan negara kepulauan.

Penelitian yang tercantum dalam "Laporan Risiko Dunia 2018" menganalisis risiko bencana alam, tsunami, badai siklon tropis dan banjir di 172 negara, dan juga menakar kapasitas masing-masing negara dalam menangani bencana.

Penelitian ini dilakukan oleh Universitas Ruhr Bochum, Jerman, dan koalisi LSM kemanusiaan Jerman, Development Helps Alliance. Demikian laporan yang dikutip dari BBC, Selasa (4/12/2018).

Tim peneliti menggarisbawahi nasib anak-anak pada khususnya. Berdasarkan data itu, sekitar satu di antara empat anak di seluruh dunia tinggal di wilayah-wilayah yang rentan mengalami bencana.

Selain itu, data PBB menunjukkan lebih dari 50% penduduk yang kehilangan tempat tinggal akibat konflik atau bencana alam pada tahun 2017 adalah mereka di bawah usia 18 tahun.

Pulau menduduki peringkat teratas karena kerentanannya terhadap peristiwa-peristiwa terkait dengan iklim, termasuk kenaikan permukaan laut.

Pulau kecil Vanuatu di Pasifik Selatan dianggap sebagai negara yang paling rentan di dunia, disusul negara tetangganya, Tonga.

Adapun Indonesia ditempatkan di urutan ke-36 dengan indeks risiko 10,36, di bawah India dan Islandia. [bbc/lat]

#negara #bencana #alam
BERITA TERKAIT
Polisi Italia Gerebek Kelompok Neo-Nazi
Ditemukan Lagi Kuburan Massal di Suriah
Gedung Putih Blokir Suaka bagi Migran
Erdogan Peringati Kudeta Gagal di Turki
Ini Jaringan Korupsi Afrika Selatan
Kesalahan Teknis, India Batalkan Misi ke Bulan
Imigrasi AS Razia Rumah-rumah Imigran Gelap

kembali ke atas