PASAR MODAL

Selasa, 04 Desember 2018 | 15:14 WIB

IKAI Akuisisi Dua Hotel Senilai Rp98 Miliar

Mohammad Fadil Djailani
IKAI Akuisisi Dua Hotel Senilai Rp98 Miliar
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - PT Intikeramik Alamasri Industri Tbk (IKAI) akan menambah lini usaha perhotelan, setelah mengakuisisi PT Saka Mitra Sejati (SMS) dan HPI. Untuk akuisisi itu, IKAI menyiapkan dana sebesar Rp98 miliar.

Hal itu terungkap dalam keterbukaan informasi perseroan pada laman Bursa Efek Indonesia, Selasa (4/12/2018).

Dijelaskan, IKAI membeli 99% dari total saham HPI dengan nilai Rp58 miliar. Untuk diketahui, HPI adalah perusahaan yang memiliki hotel di Bogor. Selain itu, perseroan juga akan mengakuisisi 70% saham SMS senilai Rp40,1 miliar, sebuah perusahaan yang memiliki hotel di Bogor.

Masih berdasarkan keterangan tersebut, IKAI merambah lini usaha perhotelan karena adanya fenomena peningkatan sadar wisata baik di dalam negeri maupun mancanegara. Ditambah, pada tahun depan (2019) terdapat hajat politik terbesar, sehingga akan turut mendorong peningkatan tingkat hunian hotel.

Dengan demikian, akuisisi ini berpotensi meningkatkan laba IKAI di masa yang akan datang, meningkatkan investasi aset berkualitas, dan turut meningkatkan efisiensi biaya operasi bisnis serta properti perseroan.

Untuk diketahui, dana akuisisi dua hotel itu berasal dari penawaran umum terbatas (PUT) I sebesar Rp463,8 miliar yang telah di terima tanggal 23 November 2018. Artinya, nilai transaksi itu hanya 21,51% dari total dana yang diraih dari PUT I. [jin]

#IntikeramikAlamasriIndustri #IKAI
BERITA TERKAIT
May Turun, Sterling Naik
PGN Benahi Pipa Bocor Kawasan City Tower-Thamrin
Inilah Penopang Penguatan Harga Minyak Mentah
Harga Emas Berjangka Berakhir Stabil
PT Surya Esa Fokus Penjualan Elpiji dan Amonia
Sikap Baru Trump Topang Penguatan Wall Street
Habis Alex Muncul Ririek Bos Baru Telkom

kembali ke atas