DUNIA

Rabu, 05 Desember 2018 | 10:30 WIB

Ketegangan Yunani-Turki Meningkat

Ketegangan Yunani-Turki Meningkat
Presiden Turki Tayyip Erdogan (Foto: GettyImages)

INILAHCOM, Istanbul--Ketegangan meningkat antara Yunani dan Turki lantaran pulau Siprus yang terbagi dua itu. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menuduh Siprus Yunani melakukan kebijakan "agresif", sementara media lokal melaporkan bahwa Turki berencana membangun pangkalan angkatan laut di wilayah Turki, di pulau Mediterania.

Surat-surat kabar Turki yang bersekutu dengan Erdogan melaporkan, pangkalan angkatan laut dapat dibangun pada 2019 di wilayah Siprus Tvoaurki di pulau itu.

"Laporan tentang pangkalan angkatan laut itu harus ditanggapi secara serius," kata profesor hubungan internasional, Serhat Guvenc dari Universitas Kadir Has di Istanbul, seperti dikutip VOA, Rabu (5/12/2018).

Turki sejauh ini tidak membantah laporan rencana untuk membangun instalasi itu. Dalam beberapa tahun terakhir, militer Turki telah memulai kebijakan baru untuk membangun pangkalan permanen di pangkalan-pangkalan luar negeri, termasuk di Somalia dan Qatar.

Laporan-laporan yang belum dikonfirmasi mengatakan, satu pangkalan angkatan laut Turki juga sedang dibangun di salah satu pulau Sudan di Laut Merah. [voa/lat]

#yunani #turki
BERITA TERKAIT
Erdogan: Turki Akan Buru Semua Kelompok Teror
Lebih 1.000 Orang Ditangkap Polisi Turki
Turki Desak China Hormati Hak-hak Uighur
Wow Buku Merah Presiden China Jinping
(Menteri Luar Negeri Iran) Eropa Gagal Pertahankan Kesepakatan Nuklir
Vatikan Pecat Bekas Kardinal McCarrick
PM India akan Balas Bom Diri di Kashmir

ke atas