EKONOMI

Rabu, 05 Desember 2018 | 14:09 WIB

Tahun Politik, Darmin Yakin PDB Bisa Tembus 5,3%

M Fadil Djailani
Tahun Politik, Darmin Yakin PDB Bisa Tembus 5,3%
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution (Foto: inilahcom/Fadil Dj)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengaku optimistis target pertumbuhan ekonomi pada tahun 2019 yang ditargetkan 5,3% bakal bisa tercapai.

"Tahun ini kalau kita optimistis bisa 5,2%, tapi untuk tahun depan kita optimistis bisa mencapai 5,3% karena bukan suatu hal yang berat juga untuk kita capai," kata Darmin saat menjadi kunci pembicara saat Seminar 'Indonesia Economic Outlook 2019: Menghadapi Era Transformasi Struktural dan Mendorong Mesin Pertumbuhan Ekonomi Baru' di Jakarta Rabu (5/12/2018).

Menurut Darmin, di tahun depan tidak akan ada kejadian ekstrem yang bisa menyebabkan ekonomi dunia dan dalam negeri terganggu. Tidak seperti tahun ini, di mana perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China menyebabkan gejolak bagi ekonomi global.

"Tahun depan saya tidak lihat ada yang ekstrem. Dugaan saya Trump sama Xi Jinping nggak ada yang menang perang dagang," katanya.

Akan tetapi, Darmin menilai segala kemungkinan bisa saja terjadi tahun depan, yaitu apakah perang dagang bakal mereda atau tetap berlanjut.

Untuk itu, bagaimana dampaknya ke perekonomian Indonesia sangat tergantung strategi yang disiapkan pemerintah.

"Apakah perang dagang bisa selesai 90 hari dari sekarang. Misal damai, ceritanya lain. Kecuali dia (Trump) marah, China mau lawan lawan saja. Bisa bisa diteruskan perangnya. Tergantung skenario apa yang terjadi," jelasnya. [hid]

#PDB2018 #APBN2018 #DayaBeli #MenkoDarmin
BERITA TERKAIT
Kewenangan BP Batam Dialihkan ke Walikota Batam
Target Pajak Gagal Lagi, Begini Alasan Robert
APBN 2018 Mampu Bertahan dari Beberapa Tekanan
APBN 2018 Cukup Dinamis, Bagaimana APBN 2019?
Pemerintah Mulai Hindari Kebijakan Tumpang Tindih
Tumpang Tindih Lahan Bikin Darmin Geregetan
Organda Galau Asing Kuasai Transportasi Publik

ke atas