PASAR MODAL

Rabu, 05 Desember 2018 | 14:40 WIB

China Segera Jalankan Kesepakatan Dagang Dengan AS

Wahid Ma'ruf
China Segera Jalankan Kesepakatan Dagang Dengan AS

INILAHCOM, Beijing - Dengan pembicaraan perdagangan akhir pekan dengan AS sebagai "sangat sukses," pemerintah China mengatakan akan mulai menerapkan dengan cepat rencana khusus yang disepakati dengan AS.

Hal itu menurut pernyataan yang diterbitkan oleh juru bicara Kementerian Perdagangan China di situs webnya, Rabu (5/12/2018). "Tim ekonomi dan perdagangan dari kedua belah pihak akan secara aktif mempromosikan kerja konsultasi dalam 90 hari sesuai dengan jadwal dan peta jalan yang jelas," kata pernyataan resmi tersebut seperti mengutip marketwatch.com.

Pernyataan itu muncul sehari setelah Presiden Donald Trump mengatakan kedua negara itu tidak dapat menyimpulkan kesepakatan perdagangan bahkan setelah pembicaraan optimis pada pertemuan G-20 selama akhir pekan di Argentina.

Dengan perjanjian perdagangan AS-Cina memicu pelemahan di pasar AS pada Selasa kemarin. Indeks Dow Jones Industrial Average DJIA, -3,10% tenggelam hampir 800 poin. Dalam serangkaian tweet, Trump mengatakan AS setuju untuk menunda kenaikan tarif China selama 90 hari untuk memungkinkan negoisasi terjadi.

Pernyataan itu muncul sehari setelah Presiden Donald Trump mengatakan kedua negara itu mencapai kesepakatan perdagangan bahkan setelah pembicaraan optimis pada pertemuan G-20 selama akhir pekan di Argentina.

Keduanya sepekat untuk menunda tarif tambahan pada barang satu sama lain pada 1 Januari, sehingga pembicaraan perdagangan dapat dilanjutkan. Tetapi perbedaan mengenai kapan gencatan senjata itu akan dimulai telah menyebabkan kebingungan, dengan pesan-pesan yang bertentangan datang dari dalam Gedung Putih serta berbagai pendapat berbeda dari Trump, Washington, dan Beijing mengenai rincian sebenarnya dari perjanjian tersebut.

Artinya mereka menyetujui moratorium 90 hari terhadap ancaman untuk menaikkan tarif impor lebih dari US$200 miliar hingga 25% dari 10%.

#BursaSaham #Dolar #IHSG #TrumpEffect
BERITA TERKAIT
China Sebut AS Lebih Tertekan dalam Perang Tarif
IHSG Berakhir Negatif di Sesi I
PTPP Segera Manfaatkan Lahan di Kantor Pusat PGN
IHSG Mampu Naik 0,4% ke 6.522,37 di Awal Sesi
Saatnya Serbu Bursa Negara Berkembang
Bursa Saham Asia Respon Kenaikan Wall Street
Harga Minyak Mentah Berakhir Variatif

ke atas