DUNIA

Rabu, 05 Desember 2018 | 20:10 WIB

Miliader Malaysia Hadapi Tuduhan Baru 1MDB

Miliader Malaysia Hadapi Tuduhan Baru 1MDB
(Foto: voa)

INILAHCOM, Kuala Lumpur--Kepolisian Malaysia, Rabu (5/12/2018), mengatakan telah mengajukan gugatan kriminal baru terhadap miliader Low Taek Jho dan empat tersangka lainnya terkait penggelapan miliaran dolar dana investasi negara 1MDB.

Low dicari pihak berwenang karena diduga mendalangi pencucian uang besar-besaran dana 1MDB. Ia saat ini masih buron namun bersikeras mengatakan tidak bersalah.

Pihak berwenang Malaysia menuduh Low dan ayahnya melakukan pencucian uang Agustus lalu. Bulan lalu, kejaksaan AS menuduh Low dan dua mantan bankir Goldman Sachs berkonspirasi mencuci uang 1MDB.

Kepala polisi Malaysia Mohamad Fuzi Harun mengatakan Low dan empat tersangka lain, umumnya pegawai 1MDB, Selasa, dituduh melakukan 13 aksi baru pencucian uang dan pelanggaran kepercayaan yang membuat perusahaan investasi negara 1MDB merugi 1,17 miliar dolar.

Ia mengatakan, surat perintah penangkapan terhadap Low dan empat tersangka lainnya--yang semuanya diyakini telah melarikan diri dari Malaysia-- telah dikeluarkan. Jika mereka ditemukan di luar negeri, kata Mohamad Fuzi, pemerintah Malaysia akan mengajukan permohonan ekstradisi sehingga mereka bisa dipulangkan dan diadili di dalam negeri. [voa/lat]

#miliader #malaysia
BERITA TERKAIT
Sejumlah Parpol Australia Diretas Negara Lain
Wow Buku Merah Presiden China Jinping
(Menteri Luar Negeri Iran) Eropa Gagal Pertahankan Kesepakatan Nuklir
Vatikan Pecat Bekas Kardinal McCarrick
PM India akan Balas Bom Diri di Kashmir
Berapa Banyak Jumlah Muslim di Amerika?
Putra Mahkota Saudi Tunda Kunjungan ke Indonesia

ke atas