PASAR MODAL

Kamis, 06 Desember 2018 | 12:41 WIB

Naik 200 Persen, Saham SQMI Masuk Pengawasan BEI

Mohammad Fadil Djailani
Naik 200 Persen, Saham SQMI Masuk Pengawasan BEI
PT Renuka Coalindo Tbk (SQMI) (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencermatiperkembangan pola transaksi PT Renuka Coalindo Tbk (SQMI).

Hal itu karena telah terjadipeningkatan harga saham emiten pelayaran energi di luar kebiasaan atau UMA (Unusual Market Activity).

Menurut Kepala DivisiPengawasan Transaksi BEI, Lidia M Panjaitan bahwa dengan status UMA itu, maka para investor diharapkan memperhatikan jawaban perusahaan tercatat atas permintaan konfirmasi bursa.

"Kami minta investor juga mencermati kinerja perusahaan tercatat dan keterbukaan informasi," tulis Lidia dalam keterangan resmi BEI, Kamis (6/12/2018).

Dia juga meminta pelaku pasar mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum mengambil keputusan investasi. Sedangkan kepada manajemen SQMI diharapkan untuk mengkaji kembali rencanacorporate actionapabila rencana tersebut belum mendapatkan persetujuan RUPS.

Namun pengumuman UMA ini tidak serta merta menunjukan adanya pelanggaran peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal.

Asal tahu saja saham SQMI mengalami kenaikan harga pada perdagangan tanggal 30 November 2018. Pada saat itu, dibuka pada level 210 dan ditutup di level 262.

Fenomena itu berlanjut hingga menyentuh level 630 pada perdagangan sesi I hari ini . Sehingga emiten tambang batubara itu naik 200% dalam lima hari bursa. [jin]

#RenukaCoalindo #SQMI
BERITA TERKAIT
HUT Ke-5, PPRO Pilih Muliakan Seribu Anak yatim
China Pangkas Tarif Otomotif AS
PT Tempo Scan Dapat Kredit Rp2,2 T dari HSBC
Inggris Gagal Raih Dukungan EU Soal Irlandia
Data Ekonomi China Paksa Bursa Asia Memerah
IHSG Berlabuh 8 Poin di Angka Merah 6.170
Jual Saham TARA, Surya Buana Gaet Rp320 M

ke atas