EKONOMI

Kamis, 06 Desember 2018 | 17:28 WIB

Akses Kesehatan Sulit, Pertamina Bantu Ambulan

Akses Kesehatan Sulit, Pertamina Bantu Ambulan
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Manado - Berdasarkan data Kementerian Kesehatan pada 2017, Provinsi Sulawesi Utara hanya memiliki 48 Rumah Sakit (RS). Akses layanan kesehatan minim dan jaraknya cukup jauh.

Dari 48 RS itu, sebanyak 5 RSterdapat di Kabupaten Minahasa. Artinya, akses masyarakat untuk mendapat layanan kesehatan, sangat minim. Belum lagi masalah jarak RS ke lokasi warga, cukup jauh. Semisal, warga di Kecamatan Kombi harus menempuh 24 km untuk mencapai RSUD Dr Sam Ratulangi.

Untuk meningkatkan akses masyarakat pada layanan kesehatan, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VII memberikan mobil Ambulan kepada warga di kecamatan Kombi, Minahasa,Sulawesi Utara.

Bantuan diserahkan Sr Supervisor Branch Marketing Pertamina wilayah Sulutenggo, Justien Telly didampingi anggota Komisi VII DPR, Bara Hasibuan di Kantor Cabang Pertamina Sulutenggo, Kamis (06/12/2018).

Justien menjelaskan, mobil ambulan berperan penting untuk meningkatkan akses kesehatan masyarakat. World Health Organization (WHO) menyatakan rasio ideal ketersediaan ambulan dengan jumlah penduduk adalah satu ambulan untuk 100.000 penduduk. Dengan bantuan mobil ambulan ini, semoga membuat warga lebih mudah dan cepat dalam mengakses layanan kesehatan khususnya di lokasi yang jauh, ujar Justien.

Bantuan mobil ambulan diterima Robi Mais, perwakilan dari desa Kolongan satu, Kecamatan Kombi, Minahasa. Selanjutnya ambulan akan digunakan untuk melayani masyarakat miskin dan lansia. Selain itu, ambulan bisa difungsikan sebagai pelayanan angkut jenazah, membantu pihak puskesmas dan rumah sakit.

"Selain mobil ambulan ini, kami telah merealisasikan program-program tanggung jawab sosial dan lingkungan kepada masyarakat Sulawesi Utara senilai Rp4,68 miliar," kata Justien.

#Pertamina #MobilAmbulan #LayananKesehatan
BERITA TERKAIT
PEPC Berdayakan Ekonomi Desa Ngasem Lewat BUMDes
(Jelang Natal) Pertamina Jamin Tak Ada Kelangkaan LPG Minsel
35 Tahun Kamojang, PGE dan ITB Bikin Seminar
Pertamina MOR I Gelar Bakti Sosial di Medan
PEP Sukowati Field Gowes Demi Produksi 12.000 BOPD
(Peduli Dunia Pendidikan) Pertamina Bantu SDN Badas di Sumbawa
Pertama Kali Srikandi Jadi Pucuk Pimpinan PHE

ke atas