TEKNOLOGI

Kamis, 06 Desember 2018 | 21:21 WIB

Apple Baru Rilis iPhone dengan 5G pada 2020?

Apple Baru Rilis iPhone dengan 5G pada 2020?
(ist)

INILAHCOM, San Francisco - Apple kabarnya baru akan meluncurkan iPhone dengan konektivitas jaringan 5G pada 2020 mendatang.

Kabarnya, Apple baru akan belakangan melepas smartphone berteknologi 5G lantaran ingin menunggu jaringan internet cepat generasi kelima itu agar matang terlebih dahulu.

Apple diketahui memang cenderung terlambat mengadopsi teknologi seluler terkini. iPhone 3G misalnya, baru hadir pada 2008, sementara jaringan 3G telah mulai digelar pada 2007. Apple pun baru menerapkan 4G LTE pada iPhone 5 di 2012, atau sekitar dua tahun setelah smartphone 4G lain mulai bermunculan.

Namun, kabar lain menyebutkan bahwa 'lambatnya' Apple mengadopsi 5G Apple sedang terlibat konflik dengan Qualcomm, salah satu pengembang 5G dan penyedia chip modem yang diperlukan untuk tersambung ke jaringan 5G.

Konflik tersebut menyebabkan Apple beralih ke chip modem Intel untuk sebagian iPhone. Namun, chip modem 5G buatan Intel kabarnya baru akan siap pada 2020.

Apabila nanti Apple dan Qualcomm berdamai, mungkin saja perusahaan teknologi yang bermarkas di Cupertino, California, AS ini akan bisa memakai chip modem Qualcomm untuk lebih cepat menghadirkan 5G di produk-produk mereka.

Selain itu, ada juga spekulasi bahwa Apple tengah mencoba mengembangkan chip modem sendiri supaya tak tergantung dengan pihak lain, demikian laporan Phone Arena.

#Apple #iPhone #5G #Qualcomm #Intel
BERITA TERKAIT
Apple Luncurkan iPad Air (2019) dan iPad Mini 5
Apple Watch Bantu Kenali Penyakit Jantung
Langgar Paten Qualcomm, Apple Didenda Rp442 Miliar
Penjualan Smartphone Huawei Dekati Samsung di 2018
iPhone 2019 Bakal Pakai 3 Kamera Belakang?
Apple Mulai Sebar Undangan Ajang WWDC 2019
Spotify Ajukan Tuntutan Hukum kepada Apple

ke atas