TEKNOLOGI

Jumat, 07 Desember 2018 | 03:30 WIB

Google Hadirkan Fitur Pencarian Lowongan Kerja

Google Hadirkan Fitur Pencarian Lowongan Kerja

INILAHCOM, Jakarta - Google menghadirkan fitur baru yang memudahkan penggunanya di Indonesia untuk mencari lowongan kerja melalui Google Search.

Bernama 'Jobs on Google Search', fitur ini memiliki cara kerja yang terbilang mirip dengan platform bursa pencarian kerja lain. Perbedaannya, Google berperan sebagai agregator yang menghimpun semua informasi lowongan kerja dari beberapa platform yang digandeng seperti Karir.com, Jobstreet, Urban Hire, maupun situs resmi dari perusahaan penyedia lowongan.

Pengguna cukup mengetik kata kunci 'lowongan kerja' di kotak teks mesin pencarian Google. Nantinya, Google akan memberikan referensi berdasarkan lokasi pencarian.

Pengguna juga bisa memilih informasi pekerjaan sesuai kategori yang diingankan, seperti bidang Computer & IT, Advertising & Marketing atau sebagainya. Jenis pekerjaan, apakah penuh waktu, kontrak, atau paruh waktu juga bisa disesuaikan ke hasil pencarian.

Selain informasi tentang perusahaan yang membuka lowongan, hasil pencarian juga akan memuat kualifikasi pegawai yang ditentukan oleh perusahaan.

Setelah yakin dan ingin mencoba melamar, klik 'Apply on' yang nantinya akan mengantarkan pengguna ke platform bursa pencarian kerja yang mengunggah informasi tersebut.

Proses selanjutnya bisa dilakukan melalui platform terkait dengan mendaftarkan akun baru atau login terlebih dahulu. Daftar lowongan pekerjaan bisa pula disimpan atau dibagikan.

Pengguna juga bisa mendaftarkan diri melalui email, untuk mendapatkan notifikasi saat ada lowongan baru yang sesuai dengan penelusuran mereka. 'Jobs on Google Search' sudah bisa diakses saat ini lewat Google Search di desktop maupun perangkat Android dan iOS.

#Google #GoogleSearch #lowongankerja
BERITA TERKAIT
Pencarian Terpopuler Google Search Indonesia 2018
Google Bantah Akan Rilis Mesin Pencari di China
Bocoran Gambar Pixel 3 Lite dan Pixel 3 Lite XL
Google Klarifikasi Rumor Penutupan Hangouts
Maret 2019, Google Akan Hentikan Layanan Allo
Memesan Go-Jek Kini Bisa dengan Perintah Suara
Setengah Pengguna Switch Miliki Tiga Game Ini

ke atas