NASIONAL

Jumat, 07 Desember 2018 | 09:14 WIB

Bareskrim Tetapkan Habib Bahar Tersangka

Muhammad Yusuf Agam
Bareskrim Tetapkan Habib Bahar Tersangka
Habib Bahar bin Smith (Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)

INILAHCOM, Jakarta - Bareskrim Polri membenarkan status tersangka Habib Bahar bin Smith dalam kasus ujaran kebencian.

"Benar bahwa hasil gelar perkara penyidik, HBS telah ditetapkan sebagai tersangka, telah dilakukan pemeriksaan, paraf dan penandatanganan BAP oleh tersangka dan pengacaranya," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Syahar Diantono, Jumat (7/12/2018).

Syahar mengatakan Habib Bahar tak ditahan. Selanjutnya, polisi akan mendalami dengan meminta keterangan saksi-saksi lain.

"Namun tidak dilakukan penahanan dan HBS telah kembali (ke rumahnya)," ucap Syahar.

Sebelumnya Pengacara Habib Bahar bin Smith, Sugito Atmo Perwiro menyatakan kliennya Habib Bahar bin Smith sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan ujaran kebencian. Habib Bahar juga disebut sudah pulang usai menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri.

"Sudah, sudah (tersangka). Penetapan per hari ini tadi saat pemeriksaan," kata Sugito saat dihubungi INILAHCOM, Kamis (6/12/2018).

Habib Bahar dilaporkan oleh Jokowi Mania (Joman) dan Cyber Indonesia ke Polisi beberapa hari lalu. Habib Bahar dituding telah menebar ujaran kebencian lantaran menghina Presiden Joko Widodo dengan sebutan 'banci' dalam ceramahnya.

Habib Bahar dilaporkan dengan Pasal UU Nomor 1 Tahun 1946 KUHP No 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 1 Tahun 2008 tentang ITE, serta Pasal 207 KUHP, Pasal 16 juncto Pasal 4 huruf b angka 1, dan Pasal 45 ayat (2) juncto Pasal 28 ayat (2). [rok]

#HabibBahar
BERITA TERKAIT
Meski Dihukum, Habib Bahar Tegaskan Tidak Kapok
Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Bengkulu
PAN Akui Dukung Pemerintahan Jokowi Lewat Doa
Cak Imin Sambut Baik Soal Pertemuan Prabowo-Mega
PDIP Akui Mega-Prabowo Sudah Lama Ingin Bertemu
Pertemuan Prabowo-Mega Diharap Tak Picu Prasangka
Soal Pertemuan Prabowo-Mega, Gerindra: Lihat Besok

kembali ke atas