NASIONAL

Jumat, 07 Desember 2018 | 12:44 WIB

Jokowi Ingatkan Anak Muda Revolusi Industri 4.0

Ahmad Farhan Faris
Jokowi Ingatkan Anak Muda Revolusi Industri 4.0
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Foto: Inilahcom/A. Farhan Faris)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengingatkan kepada anak-anak muda Indonesia untuk siap menghadapi revolusi industri 4.0. Karena menurut dia, dunia ini sedang menghadapi disrupsi dan revolusi industri 4.0 sehingga membuka peluang terjadinya perubahan yang sangat besar.

"Sangat tiba-tiba, mengejutkan dan ini perubahan adalah perubahan yang ultra normal, tidak normal. Dan kita tahu dunia memang sekarang ini sedang mencari normal yang baru, siapa yang bisa merespon secara cepat perubahan-perubahan yang ada, yang bisa cepat adaptasi cepat," kata Jokowi di Jakarta, Jumat (7/12/2018).

Ia mengatakan dalam situasi yang distrupsi justru membuka peluang bagi pendatang baru di ekonomi digital, membuka ruang baru bagi pendatang baru bagi newcomers untuk berkompetisi dengan yang lainnya.

"Inilah terbukanya kesempatan bagi yang kecil untuk mencuri kesempatan dalam situasi seperti ini, kesempatan bagi anak-anak muda yang kreatif yang inovatif untuk menyalip di tikungan. Saudara-saudara sekarang ini diberikan kesempatan untuk menyalip di tikungan, hanya mau menyalip enggak," ujarnya.

Oleh karena itu, Jokowi mengatakan sekarang yang dibutuhkan adalah sebuah kerja keras yang inovatif, berani bermimpi besar. Memang, Jokowi mengakui kalau penguasaan teknologi anak-anak muda Indonesia tidak kalah.

"Dan orientasinya adalah sociopreneur, memecahkan masalah-masalah yang ada di masyarakat, mencarikan solusi-solusi yang ada di masyarakat," jelas dia. [rok]

#Jokowi
BERITA TERKAIT
Jokowi Kembali Naik MRT Bareng Iriana dan Anies
Jelang Pilpres, Jokowi Minta Waspadai Hoaks
Pertumbuhan Mandeg 5%, Apa Kabar Janji Petahana?
Tokoh Agama Kaltim Deklarasi Dukung Jokowi-Ma'ruf
Jokowi Semangati Caleg PDIP Ajak Warga Tak Golput
Surveinya Turun, Jokowi Tambah Semangat
(Elektabilitas Jokowi tak Sampai 50%) BPN: Insya Allah Kami Menang

ke atas