NASIONAL

Jumat, 07 Desember 2018 | 22:11 WIB

Ribuan Peziarah Hadiri Haul Sunan Giri ke-513

Ribuan Peziarah Hadiri Haul Sunan Giri ke-513
(Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Gresik - Ribuan peziarah dari seluruh nusantara membanjiri peringatan haul Sunan Giri ke 513 di tahun 2018.

Kegiatan haul yang berlangsung pada 2 hingga 8 Desember 2018 digelar di Desa Giri, Kecamatan Kebomas, Gresik. Beberapa jenis kegiatan yang digelar selama Haul ini diantaranya, khotmil Quran, bacaan yasin tahlil, dan pengajian Umum.

Peringatan haul ini merupakan tradisi tahunan yang dilakukan oleh masyarakat Desa Giri, dan masyarakat Gresik serta masyarakat dari luar kota. Dalam sejarah nama Sunan Giri adalah nama salah seorang Walisongo dan pendiri kerajaan Giri Kedaton.

Sunan Giri membangun Giri Kedaton sebagai pusat penyebaran agama Islam di Pulau Jawa, yang pengaruhnya bahkan sampai ke Madura, Lombok, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku.

Sunan Giri memiliki beberapa nama panggilan, yaitu Raden Paku, Prabu Satmata, Sultan Abdul Faqih, Raden 'Ainul Yaqin dan Joko Samudro. Dilahirkan di Blambangan, Banyuwangi tahun 1442, dan dimakamkan di Desa Giri, Kecamatan Kebomas, Gresik.

Di area makam Sunan Giri, ada beberapa tempat yang dianggap bersejarah yaitu makam Sunan Prapen, makam Putri Cempo, petilasan Giri Kedaton.

Penceramah pada pengajian Umum, KH Mochtar Jamil menuturkan, masyarakat Gresik perlu menjadikan Sunan Giri sebagai suri tauladan. Sebab, beliau merupakan salah satu penyebar agama islam dalam sejarah walisongo.

"Keteladanan Sunan Giri patut dijadikan contoh dalam kehidupan sehari-hari," tuturnya. [beritajatim]

#HaulSunanGiri
BERITA TERKAIT
Polisi Tangkap Bandar Pil Koplo di Lumajang
FKPPI Nyatakan Sikap Netral pada Pemilu 2019
Jokowi Klaim Peduli Pasar Rakyat
(Kasus Dana Kemah Pemuda Islam) Pekan Ini, Polisi Kembali Panggil Dahnil Azhar
Mobil yang Bawa Ketua PN Semarang Senggol Wartawan
Jokowi Tagih Perkembangan Pembangunan KEK Batam
Awak Sopir Bus di Terminal Purabaya Dites Urine

ke atas