GAYA HIDUP

Rabu, 12 Desember 2018 | 17:58 WIB

Tips Mengenali Sakit Gondok

Suyadi
Tips Mengenali Sakit Gondok
(Foto: ilustrasi)

GEJALA penyakit ini bisa dilihat dan dirasakan oleh penderita. Salah satunya adalah adanya benjolan atau pembengkakan di sekitar bawah telinga, suhu badan meninggi, gelisah, seluruh badan terasa ngilu dan pegal-pegal.

Kelenjar troid menghasilkan hormon tiroksin. Gunanya mengatur metabolisme dalam tubuh, pertumbuhan jasmani dan rohani, bekerja sebagai perangsang proses oksidasi serta pembuangan karbondioksida. Sekaligus sebagai metabolik pengaturan susunan kimia dalam jaringan.

Pada anak-anak, kelenjar ini dapat mempengaruhi perkembangan fisik dan mental. Bila kelenjar tiroid kurang mengeluarkan sekresi pada waktu bayi akan mengakibatkan suatu keadaan yang dikenal sebagai kretinisme. Berupa hambatan pertumbuhan mental dan fisik.

Pada orang dewasa kekurangan sekresi menyebabkan miksedema. Mengakibatkan proses metabolic mundur dan kecendurungan bertambah berat badan, geraknya lambat, cara berpikir dan berbicara lamban.

Selain itu kulit menjadi tebal berkeringat, rambut rontok, suhu badan di bawah normal dan denyut nadi perlahan. Sebaliknya apabila sekretnya meninggi maka kecepatan metabolisme meningkat dan suhu tubuh tinggi.

Berat badan terus menurun, gelisah, mudah marah, denyut nadi naik. Kemudian jantung pada keadaan yang dikenal sebagai penyakit strauma atau gondok eksoptalamus, mata menonjol keluar, ini disebabkan terlampau aktifnya hormon tiroid.

Pengobatan penyakit gondok dengan cara moderen kadang tidak membuahkan hasil. Dan biasanya di tengah-tengah keputusasaan itu muncul harapan baru untuk berpindah menggunakan pengobatan alternatif. [*]

#Suyadi #Gondok
BERITA TERKAIT
Waspada Terhadap Serangan Stroke
Lima Wisata Terbaru Magelang Lagi Hits di 2019
Nikmati Sejuknya Hutan Kota Sembari Wisata Kuliner
Atasi Masalah Kesehatan Tulang dengan Tepat
Empat Hal Tak Boleh Dilakukan Ketika Saraf Kejepit
Pasien, Jangan Obati Nyeri Sendi Sendiri
Tidur Nyenyak di Musim Dingin

ke atas