EKONOMI

Selasa, 18 Desember 2018 | 09:40 WIB

SDM Harus Kalahkan Robot, Kuasai Teknologi

Wahid Ma'ruf
SDM Harus Kalahkan Robot, Kuasai Teknologi
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan di tengah perkembangan teknologi yang sangat cepat setiap orang harus menyiapkan diri untuk menguasai teknologi.

"Teknologi berkembang dengan sangat cepat. Kita perlu menyiapkan diri untuk menguasai teknologi terutama di erat saat ini yaitu era Revolusi Industri 4.0. Tidak perlu takut untuk digantikan oleh robot karena pekerjaan yang bersifat intelligence itu akan tetap dilakukan oleh manusia," jelasnya dalam Konferensi Pers "Transformasi Robotik menuju Revolusi Industri 4.0" di Gedung Serbaguna Kementerian Kominfo, Jakarta, seperti mengutip dari laman resmi Kemenkominfo.

Rudiantara mengakui bahwa Indonesia masih kurang dalam menyediakan sumberdaya manusia yang terampil dalam bidang digital.

"Untuk itu pemerintah menyiapkan program Digital Talent Scholarship untuk menghasilkan SDM yang sesuai dengan standar internasional, termasuk ke depannya untuk teknologi robotik," tandasnya.

Dalam acara yang digelar Pusat Robot Indonesia untuk mengenalkan Robot Service Artificial Intelligence itu, Menteri Rudiantara membuka acara secara resmi dengan menekan tombol pada robot Alice yang memiliki kemampuan berkomunikasi.

Terdapat lima robot yang diluncurkan akhir pekan lalu dengan fungsi berbeda-beda mulai. Ada robot yang memiliki kemampuan mengantarkan makanan, pelayanan pelanggan (customer service), pemetaan lokasi sampai pendamping belajar.

#EkonomiDigital #Rudiantara #BisnisOnline #HPN
BERITA TERKAIT
Ekonomi Digital & Sulitnya Lindungi Data Konsumen
Bamsoet Ingatkan Pebisnis Bayar Pajak Digital
Bekraf: Angkanya Kecil, Jangan Galau Pajak Digital
PLN Siap Dukung Balapan Mobil Listrik di Jakarta
PLN Bentuk Road Map K3 Zero Accident di 2023
(Dampingi Kunker DPR) Kementan Dorong Serap Gabah Panen Gadu
PLB Jadi Andalan Industri Tekstil & Produk Tekstil

kembali ke atas