NASIONAL

Selasa, 18 Desember 2018 | 16:15 WIB

Soal Negara Punah, Wiranto Tantang Prabowo

Ajat M Fajar
Soal Negara Punah, Wiranto Tantang Prabowo
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menko Polhukam, Wiranto tak sependapat dengan pernyataan calon presiden Prabowo Subianto yang menyebut Indonesia akan punah jika pihaknya kalah dalam Pilpres 2019.

Bahkan Wiranto berani bertaruh dengan Prabowo soal pernyataan tersebut. Tantangan itu disampaikan agar masyarakan tetap bisa optimis.

"Kalau sehabis Pemilu Prabowo kalah dan Indonesia tetap utuh tidak punah, maka rumah Hambalang (milik Prabowo) diserahkan kepada saya. Sebaliknya kalau Indonesia Punah maka rumah saya di Bambu Apus diserahkan ke Prabowo, tapi kalau semua punah, buat apalagi rumah," kata Wiranto dalam keterangan persnya, Selasa (18/12/2018).

Wiranto menyayangkan pernyataan Prabowo tersebut. Sebab, ia melihat di dunia ini tak ada satu negara pun yang punah usai salah satu kandidat calon presidennya mengalami kekalahan di pemilu.

"Itu sama saja dengan ancaman serius. Belum ada dalam sejarah modern dalam pemilihan umum yang demokratis, seorang tokoh kalah lantas negara itu bubar atau punah," ujarnya.

Wiranto menjelaskan, suatu negara tak akan secara tiba-tiba mengalami kepunahan. Ia meyakini terdapat indikasi awal melalui peningkatan eskalasi ancaman di negara tersebut.

"Negara akan punah tidak mungkin tiba-tiba, mesti ada gejalanya, indikasinya atau ada peningkatan eskalasi sangat serius yang mengancam eksistensi negara itu," kata dia.

Wiranto lantas mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang karena Indonesia saat ini masih aman dan baik-baik saja.

Bahkan, ia menyebut survei dari lembaga Gallup Global Law and Order 2018, Indonesia dinobatkan sebagai negara teraman nomor 9 di seluruh dunia.

"Saya menjamin kondisi Indonesia saat ini baik-baik saja. Saya mengharapkan masyarakat tidak perlu khawatir terhadap pernyataan tersebut," kata dia.

Sebelumnya, Prabowo mengatakan Indonesia bisa punah jika pihaknya kalah di Pilpres 2019. Sebab, terlalu lama elite berkuasa dengan langkah dan cara yang keliru yang menyebabkan tingginya ketimpangan sosial di Indonesia.

"Kita tidak bisa kalah. Kita tidak boleh kalah. Kalau kita kalah negara ini bisa punah," kata Prabowo saat menyampaikan pidato di acara Konfernas Partai Gerindra yang digelar di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Senin (17/12).[jat]

#Menkopolhukam #Wiranto
BERITA TERKAIT
PA 212 Gelar Aksi Mulai Besok Di MK
Polisi: Eggi Wajib Lapor Senin Kamis
Dirjen PAS Didesak Mundur
Putusan MK, BW: Biarlah Allah yang Menentukan
Yasonna: Napi di Nusakambangan Tak Bisa Diawasi
BW: Apakah KPU Pernah Jawab Audit Forensik
Ini Alasan Polisi Terima Penangguhan Eggi

kembali ke atas