GAYA HIDUP

Rabu, 19 Desember 2018 | 15:24 WIB

Teh Hijau Berkhasiat Mengatasi Kanker

Suyadi
Teh Hijau Berkhasiat Mengatasi Kanker
(Foto: Ilustrasi)

TEH hijau jika diseduh berwarna kuning kehijauan. Warna hijau ini dikarenakan oleh zat hijau daun yang tidak rusak ketika diolah. Sebenarnya teh hijau sama dengan teh-teh lainnya. Yang membedakan adalah proses pengolahan hasilnya, terutama proses oksidasinya.

Umumnya proses pembuatan teh yang dilakukan secara penuh sehingga kadar tanin atau volipenolnya hanya sekitar 11 persen. Sementara itu proses oksidasi teh hijau tidak dilakukan secara penuh. Sehingga kandungan taninnya bisa mencapai 25 sampai 30 persen.

Kandungan bahan antikanker justru terdapat didalam tannin. Sehingga teh hijau lebih ampuh memerangi kanker. Teh hijau mengandung zat efygalokacingalac yang terdapat di dalam tannin. Meskipun teh hijau mengandung tannin relative tinggi, jenis taninnya berbeda dengan tannin lainnya sehingga tidak membahayakan fungsi ginjal.

Bahkan sebuah penelitian berpendapat bagi mereka yang sering mengkonsumsi teh hijau jarang terserang kanker lambung berkat keampuhan zat polyphenol yang terdapat di dalam teh hijau.

Zat ini juga dapat mengontrol kadar lemak di dalam darah, menormalkan tekanan darah tinggi dan menghambat atau menghentikan pertumbuhan sel kanker. Seperti kanker kulit, kanker usus besar, kanker kelenjar pancreas, kanker hati, kanker paru, kanker payudara dan kanker kerongkongan.

Selain tannin bahan lain yang aktif terdapat di dalam teh hijau adalah teosilin dan teobromin. Kedua bahan aktif tersebut selain berfungsi memperlancar buang air kecil juga berfungsi memperlebar pembuluh darah. Sehingga peredaran darah di dalam tubuh menjadi lancar. Kandungan kavein didalam teh hijau membuat badan segar dan mampu merangsang system saraf pusat. [*]

#Suyadi #TehHijau #Kanker
BERITA TERKAIT
Kanker pada Anak Kerap jadi Masalah Malnutrisi
Sakit Pinggang Hernia Nucleus Pulposus
Cegah Kanker Paru dengan Deteksi Dini
Koleksi Unik Sepatu Jelly dari Melissa
(Artis Marak Gunakan Narkoba) Psikolog: Semua Tergantung dari Kepribadian
Langkah Sederhana Atasi Masalah Usai Vaksin
(Anak Nunung Srimulat Menangis) Dampak pada Anak Ketika Orangtua Terkena Narkoba

kembali ke atas