TEKNOLOGI

Jumat, 21 Desember 2018 | 22:22 WIB

BMW Jalin Kerja Sama dengan Mercedes?

BMW Jalin Kerja Sama dengan Mercedes?
(ist)

INILAHCOM, Munich - Sekitar 60 tahun lalu, BMW AG pernah menghindari upaya pengambilalihan oleh Daimler AG sebagai perusahaan induk Mercedes-Benz.

Selama puluhan tahun, dua ikon mobil mewah asal Jerman itu bersaing dalam tren model dan teknologi otomotif terkini di pasar dunia, kendati semua itu bisa saja berubah menyusul langkah kedua perusahaan untuk bermitra.

Namun, kini BMW dan Daimler kabarnya tengah dalam pembicaraan untuk menggabungkan kekuatan pada komponen utama, termasuk platform kendaraan listrik, baterai mobil dan teknologi swakemudi, menurut sumber yang akrab dengan masalah ini, seperti dilansir Bloomberg.

Apabila kesepakatan itu terjalin, BMW Seri 2 coupe dan Mercedes A-Class sedan bisa saja menggunakan platform yang sama.

Persaingan antara kedua brand ini bisa berubah menjadi sebuah kemitraan demi menghemat biaya pengembangan kendaraan di masa depan. Kerja sama ini belum pernah terjadi sebelumnya.

"Tekanan pada pembuat mobil sangat besar sekarang, dan tahun ini kami telah melihat tanda-tanda krisis," kata Juergen Pieper, analis Bankhaus Metzler yang berbasis di Frankfurt.

"Kolaborasi yang lebih luas sedang meningkat untuk membantu memerangi biaya dan pembelanjaan secara paralel," imbuh dia.

#BMW #Daimler #MercedesBenz #Mercedes
BERITA TERKAIT
Mercedes-Benz Berencana Buka Pabrik di Mesir
Mercedes-Benz Siap Boyong Mobil Listrik ke Korsel
BMW Indonesia Jual 3.394 Unit Mobil Sepanjang 2018
Truk Mercedes-Benz Sanggup Angkut Pesawat Airbus
Kumho Pasok Ban untuk Mercedes-Benz G-Class
BMW Group Jual 2,49 Juta Unit Mobil Sepanjang 2018
Prancis Denda Google Rp810 Miliar

ke atas