DUNIA

Sabtu, 22 Desember 2018 | 05:09 WIB

Paus Minta Pastor Peleceh Seks Serahkan Diri

Paus Minta Pastor Peleceh Seks Serahkan Diri
(Foto: voa)

INILAHCOM, Vatikan--Paus Fransiskus meminta para pastor yang telah melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak agar menyerahkan diri.

Berbicara Jumat (21/12/2018) dalam pidato tahunannya di hadapan badan pengatur Gereja Katolik Roma, Kuria, di Vatikan, Paus Fransiskus mengatakan, "Untuk mereka yang melecehkan anak-anak di bawah umur, saya akan katakan ini: berubahlah dan serahkanlah diri Anda ke pengadilan manusia dan bersiaplah menghadapi pengadilan ilahi."

Gereja Katolik selama beberapa tahun ini telah diguncang oleh skandal pelecehan seksual terhadap anak-anak di berbagai penjuru dunia yang tampaknya telah ditutup-tutupi selama puluhan tahun.

"Tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa orang pada masa lalu, karena tidak bertanggung jawab, kurang pelatihan, kurang pengalaman, atau kepicikan spiritual dan manusiawi, menangani banyak kasus tanpa keseriusan dan tidak dengan kecepatan yang semestinya," kata Paus. "Ini tidak boleh terjadi lagi," lanjutnya.

Pemimpin lebih dari satu miliar penganut Katolik Roma dunia itu mengatakan, para pastor pelaku pelecehan "melakukan tindakan keji namun terus melakukan pelayanan mereka seolah-olah tak ada sesuatu yang terjadi. Mereka tidak takut akan Tuhan atau penghakimannya, tetapi hanya takut ketahuan atau terungkap kedok mereka." [voa/lat]

#Paus #Tindak #Pelecehan #Gereja
BERITA TERKAIT
Para Korban Pelecehan Seksual Temui Paus
Bos Microsoft Bertemu Paus Bahas Kecerdasan Buatan
Presiden Venezuela Persempit Gerak Oposisi
Somalia Terancam Krisis Kelaparan
Truk-truk Sipil Tinggalkan Kantong Terakhir ISIS
Ribuan Anak Eks ISIS dalam Bahaya
AS Tidak Perlonggar Sanksi Terhadap Korut

ke atas