NASIONAL

Kamis, 27 Desember 2018 | 23:01 WIB

PP Lapor ke Bawaslu Soal Foto Editan Jokowi

PP Lapor ke Bawaslu Soal Foto Editan Jokowi
(Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Surabaya - MPW Pemuda Pancasila (PP) Jatim telah melakukan pencermatan terhadap perkembangan pelaksanaan kampanye Pilpres 2019.

Mereka menemukan beragam kampanye yang berkonten negatif, khususnya melalui media sosial.

Konten negatif tersebut dilakukan dengan cara mendiskreditkan pasangan calon presiden lawan melalui lisan, tulisan, visual, audio visual secara melawan hukum. Yakni dibuat dengan cara yang tidak benar atau seolah-olah dilakukan oleh pasangan calon presiden, walaupun fakta sebenarnya tidak pernah ada.

Sekretaris MPW PP Jatim, M Diah Agus Muslim kepada wartawan di kantornya, Jalan Jaksa Agung Suprapto mengatakan, pihaknya telah mengantongi bukti kampanye hitam berupa video yang menyerang Cawapres Joko Widodo (Jokowi), yakni KH Ma\'ruf Amin. Kiai Ma'ruf diedit dan diberi pakaian seperti Sinterklas.

"Video itu sudah banyak beredar di medsos baik WA Group, Facebook, Youtube dan lain sebagainya. Ini sudah keterlaluan, padahal aslinya cuma berupa ucapan Selamat Natal dari KH Ma'ruf Amin. Senin depan, temuan ini akan kami laporkan ke Bawaslu Jatim," tegasnya di Surabaya, Kamis (27/12/2018)

MPW PP Jatim memandang perlu untuk mengambil beberapa langkah taktis. Yakni, pertama, diinstruksikan kepada kader Pemuda Pancasila di setiap tingkatan MPW, MPC, PAC, Ranting dan Anak Ranting untuk melakukan pengawasan dan pencermatan terhadap platform media sosial WhatsApp Group, Facebook, Line, Instagram, Twitter dan media sosial lainnya.

Kedua, kata Agus, setiap temuan terhadap konten media sosial yang mendiskreditkan dan membuat materi tidak benar atau hoax terhadap pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin, untuk segera dilakukan koordinasi dan pelaporan langsung kepada MPO Pemuda Pancasila kabupaten/kota se-Jawa Timur.

Ketiga, semua temuan, setelah diverifikasi dan dikomunikasikan dengan MPW dan LPPH, untuk selanjutnya segera dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaswlu) di setiap kabupaten/kota dan atau provinsi secara berjenjang.

"Keempat, setiap bentuk laporan formal harus dikawal oleh semua tingkatan MPW dan MPC dengan cara melakukan komunikasi dengan Bawaslu tentang tindak lanjut atas laporan yang sudah diserahkan," jelasnya.

Langkah taktis kelima, setiap bentuk temuan di platform media sosial harus dilakukan recheck, kroscek dan verifikasi terhadap kontennya. Sehingga yang disampaikan ke Bawaslu, tingkat akurasinya tidak diragukan.

"Itulah langkah-langkah yang akan diambil oleh MPW Pemuda Pancasila Jawa Timur dalam mewujudkan Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legistatif yang berkualitas dan bermartabat," pungkasnya.[beritajatim]

#Pemilu2019 #Bawaslu
BERITA TERKAIT
BPN Terus Kumpulkan Bukti Dugaan Kecurangan
Tahapan Akhir Pemilu, Polri Kerahkan 2/3 Personel
BPN Prabowo-Sandi Sudah Kumpulkan 400 Ribu Form C1
KPU Akui Entri Data Tak Sesuai Target
Kelelahan, Ketua KPPS di Sampang Dilarikan ke RSUD
Diduga Kelelahan, Anggota KPPS Mojokerto Meninggal
20 Petugas Dirawat Karena Kelelahan Awasi Pemilu

kembali ke atas