EKONOMI

Sabtu, 29 Desember 2018 | 12:13 WIB

Budi: Tol Laut Jokowi Bangkitkan Ekonomi Rakyat

Budi: Tol Laut Jokowi Bangkitkan Ekonomi Rakyat
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, program tol laut yang dicanangkan Presiden Joko Widodo, dapat membangkitkan perekonomian kerakyatan di Indonesia Timur (Intim).

"Saat ini momentum untuk membangkitkan ekonomi kerakyatan khususnya di Indonesia wilayah timur melalui program pemerintah yaitu tol laut," ujar Budi di Jakarta, Jumat (28/12/2018).

Hal tersebut diungkapkan Budi saat menerima kunjungan delegasi Panitia Hari Pers Nasional (HPN) 2019 yang dipimpin penanggungjawab kegiatan, Margiono. Mengangkat tema "Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital", HPN 2019 menjadikan Kota Surabaya di Jawa Timur sebagai tuan tumah.

Dia lebih lanjut menjelaskan bahwa program tol laut berperan cukup vital bagi perekonomian di Indonesia Timur saat ini, salah satunya adalah memangkas biaya distribusi untuk menekan harga jual di masyarakat.

"Saat ini Pemerintah sudah mengoperasikan tol laut dari barat ke timur dan 90 persen dari kebutuhan pokok yang dibutuhkan di Indonesia Timur didistribusi dari Surabaya," tuturnya.

Kendati demikian, penyaluran distribusi masih berjalan satu arah dalam artian komoditas dari timur belum banyak dikirim ke wilayah barat. Padahal, pemerintah sudah menyiapkan subsidi untuk tol laut.

"Kami berharap masyarakat dari Timur Indonesia bisa memanfaatkan angkutan yang bersubdi ini. Silahkan para pengusaha dari timur untuk membawa komoditasnya untuk dijual via Surabaya," katanya.

Menhub juga mengatakan bahwa nanti akan ada aplikasi khusus yang dibuat oleh PT Telkom. Lewat aplikasi tersebut, masyarakat bisa mengetahui barang-barang apa saja yang akan datang ke daerahnya.

"Dengan keterbukaan informasi ini, diharapkan masyarakat bisa mendapatkan barang-barang secara langsung, tidak melalui perantara. Sehingga pemerataan perekonomian akan terjadi," kata Budi. [tar]

#MenhubBudi #TolLaut #EkonomiKerakyatan
BERITA TERKAIT
Menhub Minta Pelabuhan Maksimalkan Layanan Mudik
(Aksi Massa 22 Mei) Budi Perintahkan Keamanan Bandara Ditingkatkan
Meski TBA Turun, Tiket Pesawat Tetap Saja Mahal
Proyek Kakap, Terminal A Se-Indonesia Dipermak
DPR Dukung Menhub Budi, Maskapai Nakal Sikat...!
(Mahalnya Tiket Pesawat) Hari Ini, Penurunan Tarif Batas Atas Berlaku
Tiket Pesawat Masih Mahal, Budi Larang Tuslah

kembali ke atas