GAYA HIDUP

Senin, 31 Desember 2018 | 17:48 WIB

Kunir Putih Berkhasiat Sembuhkan Sakit Diare

Suyadi
Kunir Putih Berkhasiat Sembuhkan Sakit Diare
(Foto: Istimewa)

KUNIR putih atau temu mangga sangat manjur dan mujarab untuk mengatasi atau menyembuhkan diare. Karena itu banyak yang menjadikannya obat tradisional berbentuk instant yang banyak dijual di toko-toko obat atau toko jamu, serta tertera cara pemakaiannya.

Tanaman kunir putih agak jarang ditemukan. Jika dipatahkan rimpang kunir putih beraroma seperti buah mangga. Rimpangnya rasa manis, diselingi sedikit rasa pahit tetapi segar. Kandungan utama dalam temu mangga adalah zat mirsen. Ada juga beta osimen, beta pinen, alfapinen, minyak asiri dan curkuminoid. Rimpang kunir putih mempunyai efek anti diare.

Dari berbagai penelitian menyebutkan bahwa jus kunir putih memberikan indikasi menurunkan frekuensi diare dan memperbaiki konsitensi feses. Selain itu rimpang kunir putih bermanfaat mempersempit lobang peranakan dan bersifat zat anti neoplastik (zat anti kanker) yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Curkuminoid yang terkandung dalam kunir putih bersifat antiinflamasi atau mencegah menyembuhkan peradangan, antibakteri dan pengontrol kadar lemak.

Dari hasil penelitian yang dilakukan farmasi obat tradisonal menyebutkan bahwa kunir putih mengandung Ribozom Inacting Protein (RIP) yang berfungsi menonaktifkan atau menghentikan perkembangan sel kanker, merontokan sel kanker tanpa merusak jaringan di sekitarnya. Juga dapat memblokir pertumbuhan sel kanker. Kunir putih juga mengandung zat antioksidan dan curkuminoit yang berfungsi sebagai antiinflamasi.

Ramuan kunir putih juga bisa dibuat sendiri, caranya, rimpang kunir putih diiris tipis-tipis lalu dijemur sampai kering. Kemudian direbus dengan 6 gelas air hingga menjadi 3 gelas. Lalu diminum pagi, siang dan malam sesudah makan sekali minum masing-masing 1 gelas. [*]

#Suyadi #Kunir #Kanker
BERITA TERKAIT
Olahraga Dapat Tingkatkan Mood
Olahraga, Cara Tepat Atasi Perubahan Hormon
(Jalankan Gaya Hidup Sehat) Pengguna MRT Banyak Bergerak
Cantik Tanpa Operasi Plastik
Peluang Tingkatkan Pelayanan BPJS Kesehatan
Tantangan JKN adalah Ketersediaan Obat Terbatas
Rie Hijab Hadirkan Dress Warna Gelap Motif Batik

ke atas