EKONOMI

Sabtu, 05 Januari 2019 | 05:05 WIB

Tim Pertamina Tenangin Korban Tsunami Lampung

Tim Pertamina Tenangin Korban Tsunami Lampung
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Lampung - Tim Pertamina Peduli mengupayakan pengembalian semangat dan memastikan kesehatan masyarakat terdampak bencana tsunami di Lampung Selatan.

Meski makanan, selimut, dan obat-obatan sudah tersedia, kami juga tetap memastikan kesehatan fisik maupun psikis masyarakat melalui pemeriksaan dari Tim Medis Pertamina Sumbagsel dan juga trauma healing untuk anak-anak oleh kawan-kawan Culture Change Agent (CCA) Pertamina Sumbagsel, papar Region Manager Communication & CSR Sumbagsel, Rifky Rakhman Yusuf.

Pemeriksaan kesehatan dan trauma healing ini dilakukan Pertamina di Posko Pengungsian SMAN 1 Rajabasa, Kamis (3/1/2019). Pada kesempatan ini, masyarakat diperiksa kesehatannya secara umum dengan tujuan untuk melihat kondisi tubuhnya mengingat para pengungsi hidup dalam keadaan terbatas di posko pengungsian.

Pasca bencana, kesehatan dan kekuatan masyarakat menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Apalagi jika kita melihat kondisi di lapangan, dimana kondisi tubuh yang tidak bugar bisa mudah terkena penyakit diluar sini. Melalui pemeriksaan ini, tim medis akan mengeluarkan rekomendasi bagi pengungsi agar kondisi tubuhnya selalu terjaga, kata Rifky.

Sementara itu, puluhan anak-anak di Posko Pengungsian SMAN 1 Rajabasa diajak Imam Fadli, anggota CCA Pertamina untuk mewarnai, bercerita, dan bermain bersama-sama. Ini adalah bentuk trauma healing yang sederhana untuk mengembalikan keceriaan anak-anak, agar mereka bisa semangat kembali pasca bencana yang melanda, ujar Imam.

Imam, sebagai relawan yang mendaftarkan diri untuk membantu masyarakat di Lampung mengaku sangat senang ketika kehadirannya berbuah senyum tawa anak-anak yang mengelilinginya ketika beraktivitas bersama.

Sebuah kesempatan besar bisa membantu saudara kita yang sedang kesusahan, meskipun bantuan yang ditawarkan sangat terbatas seperti ini. Dan mereka, anak-anak ini memberikan saya hadiah yang luar biasa, mereka bersemangat, ceria, tertawa bersama. Mudah-mudahan, berkat sedikit kontribusi kami disini, keceriaan akan hadir kembali di tengah kondisi yang masih terus siaga karena aktivitas Gunung Anak Krakatau, harap Imam.

Bersamaan dengan pemeriksaan dan trauma healing yang diberikan, Tim Pertamina Peduli juga memberikan kembali susu kemasan siap saji serta kantong plastik sampah agar masyarakat terbiasa menjaga sanitasi dilingkungan posko.

Pada Selasa (4/1/2019) disalurkan bantuan berupa dot untuk bayi, tempat sampah medis, kantong plastik, serta pemberian trauma healing di Posko Kementerian BUMN. [ipe]

#Pertamina #TsunamiBanten #TsunamiLampung
BERITA TERKAIT
Pertamina Borong Minyak Exxon, Harganya Belum Deal
Value Creation Rp49 T, APQ 2019 Siap Industri 4.0
Pertamina Kirim Bantuan Korban Banjir Sentani
Gandeng Pendanaan K-Sure, Pertamina Butuh Duit
Kembangkan SDM Tuban, Pertamina Beri Pelatihan
NusantaraRegas Gelar Manuvra ISPS Code Tersus FSRT
Garuda Bisa Isi Avtur Pertamina di Luar Negeri

ke atas