GAYA HIDUP

Sabtu, 05 Januari 2019 | 12:20 WIB

Tiga Penyakit yang Kerap Timbul Saat Liburan

Mia Umi Kartikawati
Tiga Penyakit yang Kerap Timbul Saat Liburan
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Liburan adalah hal yang sangat menyenangkan untuk anak - anak. Namun, karena terlalu asik dengan bermain saat libur, terkadang, kebersihan kerap terlupakan.

Dengan begitu, otomatis kuman cepat masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan banyak penyakit. Menurut dr. Diatrie Anindyajathi,MSc, Sp, A dari Rumah Sakit Bhayangkara RS. Sukanto, ada tiga penyakit yang kerap timbul saat masa liburan.

"Tiga penyakit itu sering terjadi pada anak, yaitu diare, batuk, dan pilek," kata Diatrie kepada INILAHCOM, Jakarta, Sabtu, (05/01/2019).

Menurutnya, perubahan cuaca yang akhir - akhir ini terjadi juga menjadi hal yang sangat berpengaruh bagi kesehatan anak. Cuaca belakangan terlihat panas, hujan, dan bergantian. Ini yang kerap menimbulkan virus.

"Tetapi, penyakit batuk dan pilek itu terkait dengan kebersihan. Jika sedang berpergian, hanya bisa menggunakan tisu, tidak menggunakan tisu basah dan cuci tangan. Otomatis, hal itu akan menimbulkan kuman. Pertumbuhan kumannya semakin kuat," tambahnya.

Masih menurutnya, ada baiknya usahakan orangtua mencuci tangan buah hatinya dengan baik menggunakan air mengalir. Jika tidak memungkinkan, bisa menggunakan hand sanitizer.

"Kalau untuk bayi di bawah satu tahun, lebih baik pakai tisu basah yang foodgrade," paparnya.

Agar tidak mengalami kerepotan saat anak sakit ketika liburan, orangtua harus menyiapkan obat-obatan yang biasa dikonsumsi anak ketika sakit. Ini sangat berguna, ketika keadaan darurat saat berada di tengah perjalanan dan tiba - tiba anak mengalami sakit.

"Bawa obatan - obatan untuk diare, seperti obat yang mengandung probiotik, zinc. Kemudian, Membawa obat penurun panas. Kalau ada kejang, bisa menggunakan obat anti kejangnya. kemudian, untuk batuk dan pilek, itu tergantung anaknya. Biasanya batuk pileknya seperti apa. Kalau hanya radang saja, bisa minta diresepin oleh dokternya untuk menggunakan obat puyer," jelasnya.(tka)

#tiga #penyakit #kerap #timbul #liburan
BERITA TERKAIT
Kasus Penyakit yang Banyak Dialami WNA di Bali
Beragam Penyakit Timbul Terkait Perubahan Cuaca
Tiga Desainer Tampilkan Koleksi Busana Wanita
Tiga Kebiasaan Tidak Baik Saat Berjalan
Ini Lima Jenis Rapid Test Produksi Dalam Negeri
(Waroeng Kaligarong) Manjakan Lidah, Makan Sepuasnya Bayar Seleranya
Menkes Dukung Kemajuan Produksi Alat Kesehatan

kembali ke atas