DUNIA

Minggu, 06 Januari 2019 | 07:30 WIB

Ikan Tuna Bersirip Biru Terjual Rp43 M di Tokyo

Ikan Tuna Bersirip Biru Terjual Rp43 M di Tokyo
(Foto: voaindonesia)

INILAHCOM, Tokyo--Ikan tuna bersirip biru (bluefin) seberat 278 kilogram terjual seharga 333.6 juta yen (US$3 juta atau sekitar Rp43 miliar), menembus rekor dalam lelang pertama tahun 2019, setelah pasar Tsukiji yang terkenal di Tokyo pindah ke lokasi baru di tepi laut kota tersebut.

Pemenang lelang spesies ikan yang terancam populasinya ini, membayar lebih dari dua kali lipat harga lelang tahunan tahun baru 2013, dalam lelang menjelang dini hari, Sabtu (5/1/2019).

Kiyomura Corp., pemilik Kiyoshi Kimura, yang mengoperasikan rantai bisnis the Sushi Zanmai membayarnya, sebagai pemenang lelang awal tahun 2019. Di tahun-tahun sebelumnya, Kimura kerap memenangkan lelang tahunan seperti ini.

Penyiar Jepang NHK menampilkan wajah Kimura yang berseri-seri mengatakan bahwa dia terkejut dengan tingginya harga tuna tahun ini. Namun dia menambahkan: "Kualitas tuna yang saya beli adalah yang terbaik."

Harga lelang melambung jauh di atas harga biasa untuk tuna sirip biru. Ikan yang biasanya dijual hingga US$40 per pon (US$88 per kilogram), naik menjadi lebih dari US$200 per pon mendekati akhir tahun, terutama untuk tangkapan berharga dari Oma di Jepang utara.

Lelang tahun lalu, merupakan lelang terakhir di pasar Tsukiji sebelum pasar tersebut dipindahkan ke fasilitas baru di bekas lokasi pabrik gas di Teluk Tokyo. Langkah tersebut berulang kali ditunda, karena kekhawatiran akan kontaminasi tanah di lokasi tersebut. [voa/lat]

#ikantuna #tokyo
BERITA TERKAIT
AS Terus Menekan Presiden Maduro
Italia akan Gabung dalam Infrastruktur China
Angin Topan Hantam Mozambik, Banyak WNI di Sana
Mesir Perketat Kontrol terhadap Media Sosial
Erdogan Desak Selandia Baru Terapkan Hukuman Mati
Rakyat Tekan Presiden Aljazair Mundur
Korea Utara dan AS Saling Kecam di Jenewa

ke atas