EKONOMI

Rabu, 09 Januari 2019 | 07:09 WIB

Konsumsi LPG Saat Nataru 2019 Meleset dari Target

Indra Hendriana
Konsumsi LPG Saat Nataru 2019 Meleset dari Target
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Konsumsi LPG rumah tangga saat Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019 meleset dari proyeksi yang diperkirakan naik 4% dari normal. Yang jelas realisasinya hanya 3,2% dari target.

Hal itu disampaikan anggota Komite BPH Migas, Henry Ahmad pada saat memaparkan kinerja posko nasional ESDM dalam Hari Raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Meski demikian dia tidak menyebut total pemakaian LPG selama Nataru. Ia hanya mencatat permintaan elpiji tertinggi terjadi pada 6 Januari 2019 yang mencapai 25.631 metric ton.

"Terjadi penurunan penyaluran elpiji rumah tangga. Masyarakat terpenuhi kebutuhaannya tapi realisasi penyalurannya masih kurang dari target," kata Henry saat jumpa pers di kantor BPH Migas, Jakarta, Selasa (8/1/2018).

Sementara pasokan listrik secara umum, kata dia, dalam kondisi aman. Hanya di Bima dan sistem kecil Manokwari yang mengalami pemadaman bergilir.

Namun Hendry menyebut hal itu segera diatasi oleh PLN dengan memprioritaskan pasokan listrik di tempat-tempat ibadah, perayaan Natal dan pusat keramaian tahun baru. "Tempat-tempat tersebut tidak padam sehingga tidak meresahkan masyarakat," kata dia.

Dia mengamini, bencana tsunami Selat Sunda dan longsor di Sukabumi, menjadi pelajaran berharga dalam tanggap darurat ketika libur hari raya. Diakuinya bencana tersebut merupakan kali pertama terjadi selama posko nasional dibentuk.

Namun dia menegaskan pasokan listrik kembali pulih dalam waktu 4 hari. Begitu pula dengan ketersediaan BBM di daerah bencana yang dijamin pasokannya. "Ini akan menjadi patokan kita dan kini sudah punya sedikit kiat-kiat untuk hadapi situasi emergency seperti kemarin," ujar dia. [ipe]

#BPHMigas #LPG #Nataru2019 #PLN
BERITA TERKAIT
(Listriki Daerah Terpencil) PLN Resmikan PLTS di Seraya Meranu di NTT
Solusi PLN Kurangi Polusi Udara di Jakarta
PLN Siap Dukung Balapan Mobil Listrik di Jakarta
PLN Bentuk Road Map K3 Zero Accident di 2023
PLN Tingkatkan RE Pulau Terpencil Pakai PLTS
Pasca Gempa, 99% Listrik Halmahera Pulih
PLN Target Tingkatkan Rasio Elektrifikasi Maluku

kembali ke atas