EKONOMI

Rabu, 09 Januari 2019 | 13:30 WIB

Inilah 2 Skenario Ekonomi Bos Bappenas Sampai 2045

Inilah 2 Skenario Ekonomi Bos Bappenas Sampai 2045
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro, menetapkan dua skenario besar bidang ekonomi hingga 2045. Apa saja?

Dalam paparan bertajuk Visi Indonesia 2045 yang diterima INILAHCOM, Jakarta, Rabu (9/1/2019), Bambang menyebut adanya skenario tinggi. Dengan mematok pendapatan negara atau Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar kelima di dunia pada 2045, yakni sebesar US$23.199. Pada saat yang sama, jumlah masyarakat berpendapatan menengah melejit 60%.

Dengan kata lain, pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa tumbuh 5,7% per tahun. Dan, Indonesia berhasil keluar dari jebakan middle income trap pada 2036.

Masalahnya, skenario ini haruslah disokong sejumlah keadaan. Semisal, reformasi struktural bisa berjalan sesuai harapan. Dan yang tak kalah pentingnya adalah pertumbuhan ekonomui dunia relatif tinggi.

Bagaimana kalau keadaan melintir alias tak sesuai harapan? Bambang yang pernah menjabat Menteri Keuangan ini, menetapkan skenario dasar atau baseline.

Dengan asumsi, pertumbuhan ekonomi mencapai 5,1% per tahun dengan PDB mencapai US$19.794 pada 2045. Dengan capaian PDB sebesar itu, Indonesia masuk juara 7 dunia. Dan berhasil lepas dari jebakan middle income trap pada 2038. Tinggal menungu saja, Indonesia bakal masuk skenario yang mana? [ipe]

#MenteriBambang #Bappenas #PPN #PDB
BERITA TERKAIT
Bedah Ekonomi, Staf Jokowi Bikin Sewot Kwik
Bappenas Usul Ada Tarif Tol Khusus Truk
KLHK Tingkatkan Deteksi Dini Kebakaran Hutan
Kementan Peduli Pangan Segar Asal Tumbuhan
4 Tahun Terakhir Realisasi AUTP Catat Tren Positif
Pesawat Lion Air Tergelincir, Ini Kata Kemenhub
(Jelang Debat Capres) RR: Infrastruktur Jokowi Oke, Lainnya tak Kredibel

ke atas