GAYA HIDUP

Rabu, 09 Januari 2019 | 17:30 WIB

Waspada Terhadap Serangan Stroke

Suyadi
Waspada Terhadap Serangan Stroke
(Foto: Ilustrasi)

STROKE merupakan kumpulan gejala akibat proses patologis pada pembuluh darah otak. Yaitu berupa tersumbatnya atau pecahnya pembuluh darah yang menuju ke kepala. Akibatnya aliran darah yang ke otak atau ke kepala terganggu dan otak kurang oksigen.

Faktor-faktor stroke antara lain penyempitan pembuluh darah, diabetes, kadar kolestrol tinggi, trigliserida tinggi, pengerasan pembuluh darah, penebalan pembuluh darah, hipertensi, terlalu gemuk, dan lain-lain. Namun pada kebanyakan kasus setroke disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

Tanda-tanda stroke yang bisa diketahui serta dirasakan seperti sering sakit kepala, muntah-muntah. Juga tengkuk keras, kaku dan tingkat kesadaran menurun, saraf kebal dan fungsi anggota badan tidak normal, sulit berbicara serta susah memahami pembicaraan orang.

Penyebab stroke di antaranya seperti darah tinggi, kadar kolestrol tinggi, kencing manis, penyakit jantung, jumlah sel darah merah, kebiasaan merokok, minuman beralkohol dan kelebihan berat badan.

Penyakit ini bisa dicegah atau diatasi dengan menjalani pola hidup sehat. Kemudian tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman keras, hindari emosi dan berolahraga secara teratur.

Lakukan pula rileksasi dengan terapi seperti mengkonsumsi vitamin, makanan tambahan atau suplemen serta di-massage dipijat secara teratur dan kontinyu.

Sementara itu factor-faktor penyebab stroke yang sulit dikendalikan seperti factor usia, jenis kelamin, keturunan, stroke sebelumnya dan detak jantung yang tidak teratur.

Meski demikian masih bisa diupayakan dengan banyak makan alpukat, labu parang, wortel dan ubi jalar, kentang dan ikan. Barengi pula dengan berolahraga secara teratur dan kontinyu, hindari stres serta menjaga rileksasi tubuh. [*]

#Suyadi #Stroke
BERITA TERKAIT
Hindari Stroke dengan Cek Tekanan Darah di Rumah
Trend Gaun Pernikahan 2019, Tak Melulu Warna Putih
(Berkaca dari Kasus Prostitusi Online) Waspada Kanker Mulut Rahim
(Berkaca dari Kasus Prostitusi Online) Ini Risiko Ganti - Ganti Pasangan
Susunan Gigi Susu Sama dengan Gigi Dewasa?
Jangan Asal Pasang Kawat Gigi
Potensi Risiko Radiografis Bagi Kesehatan

ke atas