NASIONAL

Kamis, 10 Januari 2019 | 02:00 WIB

46 APK di Mojokerto Dicopot Bawaslu

46 APK di Mojokerto Dicopot Bawaslu
(Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Mojokerto - Petugas dari Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Mojokerto bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK). Hasilnya, sebanyak 46 APK dipreteli petugas.

Ketua Bawaslu Kota Mojokerto, Ulil Abhsor mengatakan, penertiban APK tersebut dilakukan rutin setiap dua minggu. "Penertiban ini sudah diformulasikan Bawaslu Jawa Timur sehingga seluruh Bawaslu yang berada di daerah Jawa Timur rutin menggelarnya," ungkap Ulil, Rabu (9/1/2019).

Masih kata Ulil, formulasi bernama Jatim Tertib Administrasi. Lokasi yang menjadi sasaran penertiban yakni di Kelurahan Meri, Kecamatan Magersari dan Kecamatan Prajuritkulon. Hasilnya, sebanyak 46 APK dipreteli dan diamankan petugas.

Ada sebanyak 46 APK yang diamankan karena ditempel di tiang listrik dan pepohonan. Ini melanggar aturan PKPU 23 terkait dengan kampanye dan SK KPU 91 1993 terkait titik pemasangan alat peraga kampanye yang sudah ditentukan KPU Kota Mojokerto, katanya.

Ulil menjelaskan, sebanyak 46 APK yanh dipreteli petugas tersebut meliputi APK dari Calon Legislatif (Caleg) Kota Mojokerto, Dewan Pimpinan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Jawa Timue dan DPR Republik Indonesia (RI).

"Kita sudah memberikan peringatan kepada partai pengusung Caleg untuk memindah lokasi pemasangan APK tersebut. Namun hingga kini tetap tak dihiraukan sehingga kita terpaksa mengamankan," jelasnya.[beritajatim]

#Pemilu2019 #Bawaslu
BERITA TERKAIT
Mahfud Sebut Sebagian Orang Anggap Pemilu Teror
Menilik 'Tembakan' Sudirman Said untuk Jokowi
Danrem Mojokerto Ajak Pers Cegah Berita Hoaks
500 Surat Suara Pemilu 2019 di Sumenep Rusak
Mahfud Imbau Waspadai Adu Domba Jelang Pilpres
Ketua DPR Soroti KPUD Belum Ada Gudang Logistik
Ini Alasan PA 212 Dukung PAN di Pemilu 2019

ke atas