NASIONAL

Kamis, 10 Januari 2019 | 02:00 WIB

46 APK di Mojokerto Dicopot Bawaslu

46 APK di Mojokerto Dicopot Bawaslu
(Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Mojokerto - Petugas dari Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Mojokerto bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK). Hasilnya, sebanyak 46 APK dipreteli petugas.

Ketua Bawaslu Kota Mojokerto, Ulil Abhsor mengatakan, penertiban APK tersebut dilakukan rutin setiap dua minggu. "Penertiban ini sudah diformulasikan Bawaslu Jawa Timur sehingga seluruh Bawaslu yang berada di daerah Jawa Timur rutin menggelarnya," ungkap Ulil, Rabu (9/1/2019).

Masih kata Ulil, formulasi bernama Jatim Tertib Administrasi. Lokasi yang menjadi sasaran penertiban yakni di Kelurahan Meri, Kecamatan Magersari dan Kecamatan Prajuritkulon. Hasilnya, sebanyak 46 APK dipreteli dan diamankan petugas.

Ada sebanyak 46 APK yang diamankan karena ditempel di tiang listrik dan pepohonan. Ini melanggar aturan PKPU 23 terkait dengan kampanye dan SK KPU 91 1993 terkait titik pemasangan alat peraga kampanye yang sudah ditentukan KPU Kota Mojokerto, katanya.

Ulil menjelaskan, sebanyak 46 APK yanh dipreteli petugas tersebut meliputi APK dari Calon Legislatif (Caleg) Kota Mojokerto, Dewan Pimpinan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Jawa Timue dan DPR Republik Indonesia (RI).

"Kita sudah memberikan peringatan kepada partai pengusung Caleg untuk memindah lokasi pemasangan APK tersebut. Namun hingga kini tetap tak dihiraukan sehingga kita terpaksa mengamankan," jelasnya.[beritajatim]

#Pemilu2019 #Bawaslu
BERITA TERKAIT
PAN Minta Publik Move On dari Pilpres 2019
(Kerusuhan 22 Mei) Polri Kabulkan Penangguhan Penahanan 207 Tersangka
Polri Kembali Amankan Provokator Kerusuhan 22 Mei
Bahas Oposisi, Andre dan Andi Arief Saling Nyinyir
Bawaslu Tak Temukan Unsur Pidana Jual Beli Suara
(Pemilu 2019) Perubahan Angka Form DA1 Tak Pengaruhi Hasil
Bawaslu Minta 8 Petugas Pemilu Masuk Daftar Hitam

kembali ke atas