DUNIA

Kamis, 10 Januari 2019 | 06:00 WIB

Israel: Kekuatan Asing akan Intervensi Pemilu

Israel: Kekuatan Asing akan Intervensi Pemilu
(Foto: voaindonesia)

INILAHCOM, Yerusalem--Dinas Keamanan Israel, Shin Bet mengungkapkan ada upaya campur tangan asing dalam pemilu April mendatang di negara itu.

Pernyataan Shin Bet yang tidak biasa itu menyusul sebuah laporan TV bahwa kepala Shin Bet, Nadav Argaman, baru-baru ini mengatakan secara tertutup bahwa sebuah negara asing sedang berusaha mencampuri pemilu dan agen-agen asing melakukannya melalui para peretas dan teknologi cyber.

"Shin Bet ingin menjelaskan bahwa Israel dan komunitas intelijen mempunyai alat dan kemampuan untuk mengidentifikasi, memantau dan menggagalkan upaya-upaya asing untuk mempengaruhi, jika ada," katanya. "Aparat pertahanan Israel mampu menjamin pemilu yang bebas dan demokratis diselenggarakan di Israel."

Argaman tidak mengatakan siapa yang diuntungkan atas campur tangan itu. Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu telah menjalin hubungan lebih dekat dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin dalam beberapa tahun terakhir. Namun dalam jajak pendapat sekarang ini, Netanyahu sangat unggul dan tampaknya tidak memerlukan bantuan dari luar.

Laporan awal tentang komentar Argaman itu sebelumnya dirahasiakan, namun kemudian diungkapkan ke publik, meskipun penyebutan negara yang diduga melakukan campur tangan itu masih dirahasiakan.

Meskipun demikian, tudingan segera mengarah ke Rusia, yang juga dituduh berupaya mencampuri pemilu AS tahun 2016 untuk mendukung Donald Trump, kampanye Brexit di Inggris dan pemilihan-pemilihan lain di Eropa belum lama ini. [voa/lat]

#israel #pemilu
BERITA TERKAIT
Pemilu Thailand Diwarnai Keganjilan
Perang Israel-Hamas Berkobar Kembali
Pemilu Thailand, Pro-Militer Unggul Sementara
Hari Ini Thailand Gelar Pemilu
Bangladesh Mencekam, 7 Orang Tewas Diberondong
Warga Arab-Israel Marah Atas Komentar Netanyahu
India Selenggarakan Pemilu 11 April

ke atas