DUNIA

Kamis, 10 Januari 2019 | 06:26 WIB

Hamas Tangkap Puluhan Warga Pro Israel

Hamas Tangkap Puluhan Warga Pro Israel
(Foto: bbc)

INILAHCOM, Gaza--Pimpinan kelompok Hamas di Gaza mengatakan telah menahan puluhan orang warga Palestina yang dicurigai bekerja sama dengan Israel sejak serangan Israel yang gagal di kawasan itu, November lalu.

Operasi pasukan khusus, yang disebut Israel sebagai misi pengumpulan data intelijen, berbalik menjadi insiden mematikan ketika tentara Israel yang menyamar itu terlihat di dekat Khan Yunis di Jalur Gaza selatan.

Baku tembak kemudian terjadi yang merenggut nyawa seorang perwira militer Israel dan tujuh anggota militan Palestina, termasuk seorang komandan militan Hamas setempat, seperti dilaporkan kantor berita AFP.

"Pasukan keamanan kami menangkap 45 orang mata-mata setelah insiden di wilayah timur Khan Yunis. Dan kami sedang menyelidikinya," kata Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Hamas, Iyad al-Bozum, dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip BBC, Kamis (9/1/2019).

Dia tidak mengatakan apakah ada di antara mereka yang ditangkap diduga terlibat dalam insiden serangan pada November tersebut.

Setelah baku tembak di Khan Younis, Hamas telah menerbitkan foto delapan orang dan dua kendaraan yang disebutkan terkait dengan operasi intelijen Israel itu.

Pimpinan kelompok Hamas, yang meluncurkan investigasi besar-besaran terhadap insiden itu, tidak menyebutkan jati diri orang-orang yang terdapat dalam foto tersebut. [bbc/lat]

#hamas #warga #gaza
BERITA TERKAIT
Mesir Sepakat Buka Kembali Pintu Masuk ke Gaza
Taliban Buka Perundingan Baru dengan AS
Vatikan Luncurkan Aplikasi Doa
Uni Eropa Kenakan Sanksi terhadap Rusia dan Suriah
Muslim Moro Filipina Lakukan Referendum
Penjaga Perdamaian PBB Diserang di Mali, 10 Tewas
Belum Ada Tanda-tanda Shutdown AS Berakhir

ke atas