MOZAIK

Jumat, 11 Januari 2019 | 17:00 WIB

Ikatan Hebat antara Ibu dan Bayi

Ikatan Hebat antara Ibu dan Bayi
(Foto: Istimewa)

SEJAK lama, bayi yang baru lahir akan langsung dibawa untuk dibersihkan, ditimbang, dan diukur panjang badannya. Setelah itu, baru bayi akan diberikan pada ibunya lagi untuk disusui. Pada bayi yang lahir prematur justru lebih parah, bayi tersebut biasanya tak diperkenankan dekat dengan ibunya dan dirawat secara intensif dalam inkubator.

Padahal, sentuhan antar kulit ibu dan bayi sangat penting terutama setelah bayi lahir. Saat ini, tren kesehatan di rumah sakit pun berubah dan menyarankan agar anak bersentuhan kulit dengan ibunya terlebih dahulu sebelum dibersihkan. Sentuhan kulit ibu dan anak memberikan banyak manfaat bagi kesehatan bayi.

Ini dia beberapa keajaiban yang bisa terjadi pada anak ketika kulitnya menyentuh kulit sang ibu saat baru lahir:

1.Membuat napas bayi stabil. Saat lahir, bayi dikeluarkan dari 'kantung pelindung' mereka yang ada dalam rahim. Hal ini bisa jadi sangat tak disukai oleh bayi dan mereka bisa merasa tak aman. Namun ketika bayi mendapatkan sentuhan dan pelukan ibu, bayi akan merasa aman dan ini membuat napas mereka lebih stabil. Biasanya ini juga membuat detak jantung mereka menjadi teratur.

2.Mencegah bayi stres. Ketika bayi didekatkan dengan ibunya dan diletakkan di dada, bayi menjadi tak mudah menangis. Dengan begitu, mereka juga tak mudah stres ketika berkenalan dengan lingkungan baru. Dunia adalah lingkungan baru bagi bayi dan dalam pelukan ibu mereka, mereka merasa lebih tenang. Kebiasaan tak mudah stres ini juga mempengaruhi bayi selama hari-hari berikutnya.

3.Membuat gula darah dan suhu tubuh stabil. Tak hanya ibu yang mengalami perubahan dalam tubuh mereka saat melahirkan, bayi juga mengalami hal serupa. Terutama mereka juga mengalami banyak tekanan untuk bisa 'keluar' dan lahir ke dunia yang baru. Bersentuhan dan berada dalam pelukan ibu saat lahir akan membantu bayi membuat gula darah mereka lebih stabil dan membuat suhu tubuh mereka menjadi normal.

4.Menjalin ikatan ibu dan bayi. Sentuhan kulit antara ibu dan bayi saat lahir akan membentuk ikatan yang kuat karena anak akan langsung mengenali ibunya. Selain itu, hal ini tak hanya bermanfaat untuk bayi tetapi juga ibu. Ibu yang langsung menyentuh anak mereka saat lahir memiliki rasa cemas yang lebih rendah. Memeluk anak mereka juga bisa mengurangi rasa sakit yang dirasakan ibu setelah melahirkan.

5.Membangun insting anak. Ketika anak langsung disentuh dan dipeluk oleh ibu, mereka akan langsung membangun insting untuk menyusu. Hal ini sangat baik, terutama jika ibu berencana untuk memberikan ASI eksklusif pada anak. Bahkan jika ibu tak ingin memberikan ASI, memeluk anak akan memberikan mereka rasa nyaman dan perasaan dicintai.

Jangan menyangka bahwa bayi tak bisa merasakan apa yang terjadi di sekitarnya. Mental bayi sudah berkembang sejak hari pertama dilahirkan, begitu juga dengan kemampuan emosionalnya. Sentuhan adalah salah satu cara terbaik untuk membangun ikatan antara ibu dan bayi, selain manfaat hebat yang sudah disebutkan di atas. [BeritaIslamiMasaKini]

BERITA TERKAIT
Syukur Pengundang Karunia
Syair: Mencuci Perasaan
Was-Was Setan, Bisikan Kekufuran Sempitkan Hati
Dosa Orang yang Terbunuh dalam Pertikaian
Ketika Sahabat Adukan Gangguan Salat pada Rasul
Hukum Memikirkan Banyak Hal saat Salat
Kejujuran Seorang Pemimpin

ke atas