NASIONAL

Kamis, 10 Januari 2019 | 16:59 WIB

Resonansi Politik Pembesukan Ustadz Arifin Ilham

R Ferdian Andi R
Resonansi Politik Pembesukan Ustadz Arifin Ilham
Calon Presiden Republik Indonesia nomor urut 02, Prabowo Subianto membesuk Ustaz Arifin Ilham di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ustadz Arifin Ilham tengah berbaring sakit. Ulama yang identik dengan dakwah melalui zikir dan shalawat ini menjadi magnit para kontestan pemilu presiden. Semua pasangan calon presiden kompak membesuk Ustadz yang bermarkas di Sentul, Bogor, Jawa Barat ini.

Kunjungan dimulai oleh Cawapres Sandiaga Uno yang menjenguk Arifin Ilham di RSCM. Berturut-turut Cawapres nomor urut 01 Maruf Amin, Capres nomor urut 01 Joko Widodo hingga Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto. Kunjungan sejumlah tokoh dan pasangan calon presiden ini memberi pesan penting soal ketokohan Arifin Ilham yang diakui oleh sejumlah pihak, lintas kelompok politik.

Meski demikian, sisi lain dari kunjungan para tokoh khususnya para capres-cawapres, memiliki dimensi kapitalisasi politik yang sulit dihindari, terlebih dalam situasi saat ini yakni momentum politik menjelang Pemilu 2019.

Pembingkaian informasi, foto, gestur dan pernyataan masing-masing kontestan Pilpres nyatanya disebar dan dibingkai sedemikian rupa oleh tim suksesnya yang bertujuan untuk menghasilkan citra peduli dan dekat dengan ulama. Pembingkaian ini wajar saja, momentum politik mengkondisikan keadaan ini menjadi serba politis.

Pihak yang selama ini kritis terhadap pemerintahan Jokowi menanggapi sinis kunjungan Jokowi ke Ustadz Arifin Ilham. Kunjungan Jokowi dinilai hanya ingin mendulang simpati semata. Salah satunya membuka kembali memori tiga tahun lalu saat aksi 4 November 2016 lalu, Ustadz Arifin Ilham menjadi salah satu peserta demontrasi yang terkena gas air mata.

Terlepas dari kapitalisasi politik atas kunjungan sejumlah tokoh terhadap Arifin Ilham, semua pihak berharap atas kesembuhan dan pulihnya kembali Arifin Ilham untuk kembali menjadi pembimbing umat Islam dalam kegiatan dakwah di Indonesia. Kabar terakhir Ustadz dibawa menggunakan pesawat pribadi untuk mendapat pengobatan yang lebih baik di rumah sakit di Malaysia. [*]

#ArifinIlham
BERITA TERKAIT
Bawaslu Ajak Peserta Pemilu Kampanye Damai
KPK Ungkap Kronologi OTT Direktur Krakatau Steel
KPK Minta Penyuap Dirut Krakatau Serahkan Diri
Pemilu Harus Mengedepankan Semangat Kebersamaan
Direktur Krakatau Steel Terlibat Suap Pengadaan
(Sultan Djorghi) Partai Berkarya Berjuang Demi Kehidupan Anak Cucu
Bamsoet Raih Rekor MURI Turnamen Catur Master

ke atas