EKONOMI

Kamis, 10 Januari 2019 | 21:01 WIB

KESDM Tutupi Perusahaan Tak Penuhi DMO

Indra Hendriana
KESDM Tutupi Perusahaan Tak Penuhi DMO
Dirjen Minerba Kementerian ESDM Bambang Gatot

INILAHCOM, Jakarta - Dirjen Minerba, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Bambang Gatot, akhirnya buka suara jumlah perusahaan tambang yang tidak memenuhi pasokan batu bara dalam negeri (domestic market obligation/DMO) tahun 2018.

Ada 36 Perusahaan telah memenuhi DMO tahun 2018. 34 Perusahaan tidak memenuhi DMO, kata Bambang saat rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR RI, Jakarta, Kamis (10/1/2018).

Meski sudah mau buka suara mengenai jumlah perusahaan. Namun, sayangnya Bambang menolak menyebutkan nama-nama perusahaan itu. Meski Komisi VII meminta nama perusahaannya.

Bambang lebih memilih menyampaikan nama perusahaan secara tertulis pada Komisi VII. Soal perusahaan nanti kami jawab secara tertulis, kata Bambang.

Bambang hanya menyebut produksi pada 2018 sebesar 528 juta ton. Dari jumlah itu 115 juta ton untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Yang diekspor 395 juta ton, kata dia.

Dia sebelumnya mengatakan Kementerian akan memberikan sanksi pengurangan produksi tahun 2019. Namun pembatasannya itu tidak sebesar 4 kali realisasi penyaluran DMO sebagaimana tercantum dalam Keputusan Menteri ESDM No. 23 K/30/MEM/2018.

Sebab, dari hasil evaluasi ada yang sama sekali tidak mengalokasikan untuk kebutuhan dalam negeri. Kemudian ada yang berkisar 10-15%.

Dengan demikian, sanksi pembatasan produksi yang diberikan bervariasi. Pasalnya ada sejumlah faktor yang menjadi pertimbangan seperti aspek sosial dan tenaga kerja. "Produksi yang diizinkan tidak sesuai permohonan mereka. Ada yang setengah, ada yang 1/4 (dari permohonan). Ini jadi pelajaran bahwa kami tidak main main," kata dia.

Sanksi tersebut tidak berpengaruh pada target produksi batu bara tahun ini. Pasalnya Kementerian ESDM memberikan apresiasi penambahan produksi bagi perusahaan yang memasok ke dalam negeri lebih dari 25% di tahun lalu. [hid]

#Batubara #HargaBatuBara #DMOBatuBara
BERITA TERKAIT
Batubara Harusnya untuk Kedaulatan Dalam Negeri
Produksi Batu Bara Capai 237,55 Juta Ton
Pemprov Jabar Wajibkan Desa Bentuk BUMDes
Pasal Dekopin Sebaiknya Dibuang dari UU Koperasi
PLN Ajak Masyarakat Peduli Instalasi Listrik
Sofyan Djalil Pastikan Ibu Kota Pindah ke Kaltim
PLN Peduli mengajak warga peduli Instalasi Listrik

kembali ke atas