BOLA

Sabtu, 12 Januari 2019 | 21:47 WIB

Arsenal Kalah di Kandang West Ham

Arif Budiwinarto
Arsenal Kalah di Kandang West Ham
(Foto: gettyimages)

INILAHCOM, London - Arsenal menelan kekalahan dalam lawatannya ke kandang West Ham. Ini menjadi kekalahan perdana The Gunners di tahun 2019.

Dalam pertandingan yang berlangsung di London Stadium, Sabtu (12/1/2019) malam WIB, Arsenal unggul dalam penguasaan bola 58 persen berbanding 42 persen. Kendati demikian, West Ham mampu menghadirkan sejumlah ancaman berbahaya lewat serangan balik.

Statistik mencatat ada 10 shots yang dilepaskan tuan rumah dengan empat diantaranya mengarah ke gawang, sedangkan Arsenal hanya dua kali melepaskan shots on goal dari total sepuluh attempts.

Arsenal berupaya memegang kendali permainan sejak menit awal babak pertama, sedangkan West Ham lebih banyak menumpuk pemain di area pertahanan.

Situasi ini membuat The Gunners kesulitan menembus area penalti The Hammers. Berulang kali kombinasi Alexandre Lacazette dan Pierre-Emerick Aubameyang masih belum membuahkan hasil.

West Ham yang mengandalkan serangan balik cepat sempat membuat barisan belakang Arsenal kerepotan. Peluang Marko Arnautovic di menit ke-29 masih bisa diblik oleh pemain belakang Arsenal.

Arsenal mencoba memecah kebuntuan dengan berusaha melepaskan sepakan dari luar kotak penalti seperti yang dilakukan oleh Matteo Guendouzi, tetapi belum membuahkan hasil.

Memasuki menit akhir babak pertama, West Ham mendapat tendangan bebas. Namun bola sepakan Michail Antonio masih membentur pagar betis dan hanya menghasilkan sepak pojok. Tak ada gol tercipta hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, West Ham langsung tampil menggebrak di menit-menit awal. Hasilnya, tuan rumah mampu membobol gawang Arsenal di menit ke-48.

Laurent Koscielny melakukan sapuan kurang sempurna pada umpan silang Felipe Anderson dari sayap kanan. Bolanya bisa dikuasai oleh Samir Nasri, yang bisa memberi umpan sempurna untuk Rice. Pemain 19 tahun itu mengarahkan bola ke pojok kiri atas gawang yang dikawal oleh Bernd Leno.

Gol tersebut membuat kepercayaan diri pemain West Ham meningkat. Mereka memberi ancaman berbahaya ke gawang Arsenal di menit ke-58. Sundulan Michail Antonio meneruskan umpan tendangan bebas masih melenceng.

Pierre-Emerick Aubameyang membuang peluang emas Arsenal pada menit ke-64. Umpan silang Sead Kolasinac dikirim melesat jauh ke atas gawang. Percobaan Arsenal via Matteo Guendouzi masih belum bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-68.

Arsenal sebenarnya punya peluang bagus menyamakan skor di masa injury. Tendangan sudut Lucas Torreira yang langsung mengarah ke gawang West Ham mampu diantisipasi dengan baik oleh kiper Lukasz Fabianski. Hingga laga usai skor 1-0 untuk kemenangan West Ham atas Arsenal tak berubah.

Dengan hasil ini, Arsenal tetap berada di posisi kelima klasemen dengan raihan 41 angka. Sementara itu, West Ham ada di posisi kedelapan dengan catatan 31 angka.

Susunan Pemain:

West Ham: Fabianski, Zabaleta, Ogbonna, Diop, Cresswell, Noble, Rice, Antonio (Obiang 82), Nasri (Snodgrass 71), Anderson, Arnautovic (Carroll 71)

Arsenal: Leno, Mustafi (Ramsey 59), Koscielny, Sokratis, Maitland-Niles (Bellerin 69), Xhaka (Lucas 59), Guendouzi, Kolasinac, Iwobi, Lacazette, Aubameyang

#LigaInggris #Arsenal #WestHam
BERITA TERKAIT
Morata Resmi Gabung Atletico?
Salah Bisa Hentikan Liverpool untuk Juara
Hazard: Saya Selalu Bikin Pelatih Frustrasi
Bellerin Cedera, Arsenal Tak Cari Pengganti
Pogba Lebih Nyaman dan Bebas Tanpa Mourinho
Emery: Arsenal Butuh Keseimbangan
Arsenal Tumbangkan Chelsea 2-0

ke atas