NASIONAL

Selasa, 15 Januari 2019 | 15:25 WIB

KPU Serahkan Soal Pelanggaran Kampanye ke Bawaslu

Ray Muhammad
KPU Serahkan Soal Pelanggaran Kampanye ke Bawaslu
Komisioner KPU Wahyu Setiawan (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyerahkan sepenuhnya soal dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan kedua pasangan calon presiden, Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto di sejumlah stasiun televisi ke Bawaslu.

Komisioner KPU Wahyu Setiawan mengatakan, saat berdialog bersama Bawaslu dan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), pihaknya akan sekadar dimintai pandangannya.

"Biasanya KPU dalam konteks ini dimintai keterangan sebagai ahli. Penanganan atas jika ada dugaan pelanggaran itu akan ditangani sama Bawaslu," ujar Wahyu di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (15/1/2019).

Ia pun mengimbau setiap pasangan calon agar berkonsultasi dan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Bawaslu jika ingin berkampanye di stasiun televisi.

"Jadi, koordinasikan dulu dengan Bawaslu (jika kampanye di stasiun televisi) agar tidak dianggap melanggar," tandasnya.

Diketahui, Joko Widodo (Jokowi) melakukan siaran penyampaian visi dan misinya di Pilpres melalui program "Visi Presiden". Adapun program berdurasi setengah jam ini ditayangkan lebih dari dua stasiun televisi tanah air.

Sedangkan Prabowo, menyampaikan visi dan misinya melalui siaran pidato kebangsaan "Indonesia Menang" kemarin, Senin (14/1/2019) di sejumlah stasiun televisi.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pun menduga yang dilakukan Jokowi dan Prabowo ini dapat dikenakan sanksi. Sanksi administrasi ini bisa dijatuhkan keada capres maupun stasiun televisi yang menyiarkan program keduanya.

#KPU #Bawaslu #PelanggaranKampanye
BERITA TERKAIT
Suara Masuk 38 Persen, Jokowi Unggul 56 Persen
KPU Sebut Tuduhan Curang Bentuk Sikap Tak Empati
Bareng Emak-Emak, Seknas Prabowo-Sandi Demo di KPU
Datangi KPU, Ketua Bawaslu Cek Ruang Server
225 KPPS Wafat, Warganet Desak Ketua KPU Dipecat
Gerah Dituding Curang, KPU Minta Bukti
KPU Minta Petugas Lebih Teliti Entri Data Situng

kembali ke atas